Analisis kesalahan mahasiswa dalam menulis dan membaca Kanji :(studi kasus terhadap mahasiswa tingkat II Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra UNIKOM Tahun Akademik 2013/2014)

Chusna, Fadhilal (2014) Analisis kesalahan mahasiswa dalam menulis dan membaca Kanji :(studi kasus terhadap mahasiswa tingkat II Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra UNIKOM Tahun Akademik 2013/2014).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Skripsi ini membahas tentang analisis kesalahan oleh mahasiswa tingkat II dalam menulis dan membaca kanji.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan tingkat kesalahan mahasiswa dalam menulis dan membaca kanji, serta bagaimana mahasiswa atau pengajar membantu mahasiswa untuk mengatasi kesulitan dalam menulis dan membaca kanji. Metode yang digunakan dalam peneliti ini adalah metode deskriptif. Alasan penulis menggunakan metode deskriptif ini adalah didasarkan pada penelitian untuk menganalisis kesalahan mahasiswa tingkat II sastra jepang dalam penulisan kanji yang merupakan penelitian untuk menjabarkan segala permesalahan yang dijadikan pusat perhatian peneliti, kemudian dibeberkan apa adanya. Teknik yang akan dilakukan dalam pengumpulan data ini dilakukan dengan tiga cara yaitu dengan cara melakukan studi pustaka, memberikan tes kepada mahasiswa tingkat II yang berupa soal-soal kanji lengkap dengan cara menulis dan membaca nya, juga dilakukan pengumpulan data dengan memberikan angket yang soal-soal nya berisi seputar aturan penulisan dan cara baca kanji, serta kesulitan dalam menulis dan membaca kanji.Berdasarkan data yang diperoleh, dapat diketahui kesalahan yang terbanyak sampai paling sedikit yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat II sebagai berikut :Mahasiswa melakukan kesalahan terbanyak pada cara baca kanji on��yomi, Mahasiswa melakukan kesalahan terbanyak kedua yaitu pada jumlah coretan kanji, Mahasiswa melakukan kesalahan terbanyak ketiga yaitu pada cara baca kanji kun��yomi, Mahasiswa melakukan kesalahan terbanyak keempat yaitu pada urutan penulisan kanji, Mahasiswa melakukan kesalahan paling sedikit yaitu pada penulisan bushu kanji.kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menulis dan membaca kanji dapat disimpulkan bahwa, kesalahan tersebut adalah mistake. Kesalahan-kesalahan tersebut disebabkan, karena mahasiswa itu sendiri lupa atau tidak mengulangi lagi materi pelajaran yang sudah diajarkan oleh pengajar sehingga menyebabkan kesalahan itu terjadi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, menulis , membaca, kanji
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27072

Actions (login required)

View Item View Item