Media pembelajaran wakuwaku Kanji Kuizu sebagai media alternatif untuk memepelajari Kanji bagi mahasiswa Tingkat I Tahun Akademik 2013/2014 Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Komputer Indonesia

Aribowo, Faizal (2014) Media pembelajaran wakuwaku Kanji Kuizu sebagai media alternatif untuk memepelajari Kanji bagi mahasiswa Tingkat I Tahun Akademik 2013/2014 Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Proses belajar-mengajar selalu identik dengan situasi yang serius serta menegangkan dan cenderung membosankan. Seiring dengan perkembangan teknologi, proses belajar-mengajar pun dapat dilakukan dengan menggunakan media game. Belajar dengan menggunakan media game dapat menjadi lebih menyenangakan, lebih santai, dan menjadi lebih mudah dalam penyerapan ilmu yang akan disampaikan, hal itu dikarenakan pada dasarnya game (permainan) bersifat Ice-breaker (Pemecah kejenuhan). Untuk membantu proses belajar-mengajar, penulis mengimplementasikan sebuah media pembelajaran berupa game untuk memudahkan proses belajar-mengajar.Dalam penelitian ini dibahas mengenai pembuatan media pembelajaran cara membaca huruf kanji secara Kun-yomi dan On-yomi tingkat dasar melalui game. Dengan menggunakan metode penelitian Research and Development, penulis membuat sebuah media pembelajaran untuk mempelajari cara baca kanji dengan menggunakan perangkat lunak Adobe Flash CS6 Professional dengan menggunakan sampel 17 orang mahasiswa tingkat I Tahun Akademik 2013/2014 Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra di Universitas Komputer Indonesia. Pengujian Media yang telah dibuat dilakukan melalui: pertama, penyebaran media kepada responden pada tanggal 11Januari 2014 untuk mendapat masukan tentang kekurangan media, untuk kemudian diperbaiki dan dilengkapi kekurangannya. Kedua, penyebaran kuisioner kepada responden pada tanggal 14 Januari 2014 untuk dinilai oleh responden mengenai tampilan dan fungsi dari media pembelajaran Wakuwaku Kanji Kuizu agar layak atau dapat digunakan sebagai media alternatif untuk mempelajari kanji.Setelah penelitian dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa media pembelajaran Wakuwaku Kanji Kuizu layak atau dapat digunakan sebagai media alternatif untuk mempelajari kanji bagi mahasiswa tingkat I tahun akademik 2013/2014 Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Komputer Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaram, Media Alternatif, Wakuwaku Kanji Kuizu, Kanji
Subjects: Member > dyah@unikom.ac.id
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27081

Actions (login required)

View Item View Item