Marketing politik Partai PDI Perjuangan dalam upaya mendapatkan suara pada pemilihan kepada daerah (Pilkada) Bupati Tahun 2013 di Kabupaten Majalengka

Ramdani, Randi (2014) Marketing politik Partai PDI Perjuangan dalam upaya mendapatkan suara pada pemilihan kepada daerah (Pilkada) Bupati Tahun 2013 di Kabupaten Majalengka.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui Marketing Politik Partai PDI Perjuangan Dalam Upaya Mendapatkan Suara Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati Tahun 2013. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Segmentasi politik, Targeting politik dan Positioning politik.Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, penelusuran kepustakaan, dan penelusuran secara on-line. Objek yang diteliti adalah marketing politik Tim sukses dari PDI P sebagai partai yang mengusung pasangan Bupati Sutrisno dan wakil bupati Karna Sobari. Hasil dari penelitian ini Tim kampanye membagi kriteria pemilih sebagai sasaran PDI P terbagi menjadi 4 bagian, yaitu berdasarkan wilayahnya, psikografi (kelas sosial, gaya hidup, kepribadian), pengetahuan (pendidikan ) dan demografi. Profil pendukung dari pasangan Sutrisno-Karna. Tim sukses PDI P yang dirangkul untuk mendapatkan suara yaitu dari kalangan kalangan menengah ke bawah karena masyarakat target utamannya Komunitas, Tokoh masyarakat, budayawan maupun para pemuka agama. Figur Sutrisno itu dekat dengan masyarakat dan sebagai bapak pembangunan. Media kampanye media televisi, koran, spanduk, baligo, dan media alat peraga lainnya seperti media jejaring sosil, twitter, facebook, blogspot, BBM, websate.Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa Segmentasi: wilayahnya, pendidikan, psikologi dan demografi.Tergetisasi: komunitas, massa yang mengambang, kalangan menengah ke bawah, anak muda dan Guru. Positioning dengan citra sebagai bapak pembangunan dan tokoh pendidikan yang akan membangun Majalengka Makmur. Saran yang diberikan kepada Partai Politik PDI P yang dan segenap tim sukses sehendaknya melakukan sosialisasi marketing politik dalam pemilu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pilkada, pemilihan umum daerah, partai politik
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27136

Actions (login required)

View Item View Item