Kredibilitas reporter dalam memproduksi program berita TV : (study deskriptif mengenai kredibilitas reporter dalam memproduksi program acara redaksi pagi di Stasiun Televisi Trans 7 Jakarta)

Dwi Purnayudha, Gilang (2014) Kredibilitas reporter dalam memproduksi program berita TV : (study deskriptif mengenai kredibilitas reporter dalam memproduksi program acara redaksi pagi di Stasiun Televisi Trans 7 Jakarta).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kredibilitas Reporter Dalam Memproduksi Program Berita TV. Untuk menjawab pertanyaan diatas peneliti mengangkat unsur keahlian, kepercayaan, dinamisme, dan karisma,.Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan internet searching. Informan pada penelitian ini sebanyak 3 orang dan 1 orang key informan yang diperoleh melalui wawancara. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah : Studi Pustaka, Wawancara Mendalam, Observasi, Internet Searching. Sedangkan teknik analisis data : Pengumpulan Data, Sajian Data, Penarikan Kesimpulan. Kredibilitas Reporter pada program acara Redaksi Pagi di Stasiun Televisi Trans 7 Jakarta memiliki : 1) keahlian reporter dinyatakan kredibel apabila memiliki keahlian, keahlian disini dapat berupa menguasai teknik wawancara, reportase, mengolah naskah berita dan menyebarluaskan kepada khalayak dalam hal ini penonton televisi., 2) kepercayaan reporter akan dianggap kredibel apabila pada setiap peliputan beritanya memberikan berita yang sesuai dengan fakta tanpa menambah dan mengurangi informasi yang didapatkannya., 3) dinamisme bersemangat dan bergairah untuk mendapatkan sebuah berita yang akan disebarluaskan melalui media televisi, 4) kharisma yang kuat dalam menarik perhatian para penonton.Kesimpulan penelitian adalah kredibilitas Reporter Trans7 mempunyai kredibilitas yang baik dalam produksi program acara Redaksi Pagi di Stasiun Televisi Trans7. Keahlian Meliputi bagaimana cara mendapatkan sebuah berita dan menyajikannya pada program. Kepercayaan meliputi bagaimana kejujuran Reporter Redaksi Pagi Trans7 perihal proses peliputan berita, sehingga berita yang disuguhkan tidak mengandung nilai �� nilai kebohongan. Dinamisme itu sendiri berkaitan dengan semangat para reporter Redaksi Pagi Trans7 dalam mencari berita. Karisma itu sendiri berkaitan dengan bagaimana seorang reporter harus dapat menambah wawasannya mengenai segala hal yang terjadi.Saran penelitian adalah harus adanya koordinasi antara Reporter dengan Produser dan Pengalamannya. Agar pada saat di lapangan Reporter bisa lebih produktif dan kreatif dalam membawakan berita.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Deskriptif, Kredibilitas, Reporter dan Trans7
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27142

Actions (login required)

View Item View Item