Konsep diri pada usert whatapp messenger:(studi fenomonologi tentang konsep diri para user whatsapp messenger di Kota Bandung dalam menunjukkan eksistensi dirinya)

Najib Saiful Haq, Muhammad (2014) Konsep diri pada usert whatapp messenger:(studi fenomonologi tentang konsep diri para user whatsapp messenger di Kota Bandung dalam menunjukkan eksistensi dirinya). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui konsep diri para user WhatsApp Messenger di Kota Bandung dalam menunjukkan eksistensi dirinya, untuk menjawab penelitian tersebut, diangkat sub fokus diri, orang lain, kelompok rujukan untuk menganalisa fokus penelitian yaitu konsep diri para user WhatsApp Messenger di Kota Bandung dalam menunjukkan eksistensi dirinya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, subyek penelitian adalah para user WhatsApp yang berada di Kota bandung dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh informan sebanyak 7 (tujuh) orang, dan informan pendukung sebanyak 4 (empat) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: tinjauan pustaka, penelusuran data online, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan evaluasi. Uji keabsahan data yang dilakukan adalah triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat.Hasil penelitian: 1). Diri (Self) mereka mempunyai pikiran dan pendapat mengenai dirinya sendiri menilai tentang segala yang ada pada dirinya dan tanggapan orang lain mengenai dirinya. 2) Orang Lain (Significant other) yang sangat penting bagi kehidupan Para Pengguna WhatsApp yang dapat mempengaruhi kehidupan para user dalam hal perasaan, kepercayaan dan keyakinan, mereka. 3) Kelompok Rujukan (Reference Group) para pengguna WhatsApp secara emosional yang berpengaruh akan membentuk konsep diri para pengguna WhatsApp dilihat dari teman kelompok, faktor lingkungan dan keadaan yang mendukung.Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri yang ada pada para user WhatsApp Messenger di Kota bandung itu positif dilihat dari bagaimana mereka berinteraksi di lingkungan mereka dan cara mereka menunjukkan eksistensi diri mereka dengan komunikasi yang baik dan profesi berbeda misalnya dengan berbagi hasil penemuan tentang android yang kemudian di informasikan dan dibagikan kepada teman-teman yang membutuhkannya.Saran untuk Para User WhatsApp Messenger harus lebih hati-hati dalam memilih segala sesuatu, termasuk teman untuk berkomunikasi karena akan mempengaruhi tindakan dan perilaku kearah yang bersifat negatif. Melihat berdasarkan keyakinan yang dimiliki oleh para user WhatsApp Messenger

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Diri, Orang Lain, Kelompok Rujukan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27144

Actions (login required)

View Item View Item