Perilaku komunikasi dokter muda (KOAS) : (studi fenomenologi tentang perilaku komunikasi dokter muda/koas kepada para pasien di Rumah Sakit Umum Daerah R.Syamsudin, S.H.Kota Sukabumi)

Reza Supriatna, Mohamad (2014) Perilaku komunikasi dokter muda (KOAS) : (studi fenomenologi tentang perilaku komunikasi dokter muda/koas kepada para pasien di Rumah Sakit Umum Daerah R.Syamsudin, S.H.Kota Sukabumi).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui maksud dari Perilaku Komunikasi Dokter Muda / Koas di Rumah Sakit Umum Daerah R. Syamsudin. S.H Kota Sukabumi. Penelitian ini membahas tentang perilaku komunikasi dilihat dari pesan komunikasi verbal dan pesan komunikasi non verbal perilaku komunikasi tersebut.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Informan penelitian berjumlah 5 (lima) orang, terdiri dari informan 4(empat) orang dan informan pendukung 1 (satu) orang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, studi lapangan, observasi, internet searching dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan triangulasi data dan pengecekan anggota. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, pengumpulan data, penguraian makna, analisis data dan member check.Hasil penelitian diperoleh bahwa perilaku komunikasi dilihat dari komunikasi verbal mayoritas dokter muda menggunakan bahasa Sunda dan bahasa Indonesia pada waktu tertentu dan bagi beberapa dokter muda yang tidak menguasai bahasa sunda dan pada komunikasi non verbal dokter muda lebih sering menonjolkan berupa bahasa tubuh yaitu gerakan tangan dan kepala, ekspresi wajah serta kontak mata, dalam hal ini terdapat jarak dan ruang yang cukup dekat ketika berinteraksi sehingga menimbulkan kedekatan dan sentuhan ketika dalam pemeriksaan dan berjabat tangan hanya berupa pelengkap. Dilihat dari penampilan fisik, busana yang digunakan formal, rapih dan menggunakan jas dokter dilengkapi kartu tanda pengenal dan wajib digunakan ketika mulai berangkat dari rumah ke rumah sakit hingga pulang kembali ke rumah.Kesimpulan dari penelitian ini adalah, perilaku komunikasi dokter muda / koas melalui pesan verbal dan non verbalnya saling berkaitan satu sama lain dan saling mendukung, lingkungan mempengaruhi cara berkomunikasi, penampilan fisik peraturan rumah sakit mengharuskan dokter muda menggunakan busana formal, rapih dan menggunakan jas dokter dilengkapi kartu tanda pengenal.Saran bagi dokter muda sebaiknya selalu murah senyum dan bersikap simpati terhadap orang disekeliling baik yang dikenal maupun pasien yang sedang mengantri tidak hanya diruang poliklinik .

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku Komunikasi, Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27145

Actions (login required)

View Item View Item