Representatif kapitalisme dalam film the hunger games :(analisis semiotika John Fiske mengenai kapitalisme dalam film The Hunger Games)

Pramono, Reza (2014) Representatif kapitalisme dalam film the hunger games :(analisis semiotika John Fiske mengenai kapitalisme dalam film The Hunger Games). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui makna semiotik mengenai kapitalisme yang terdapat dalam film The Hunger Games, dan menganalisis apa saja makna yang terdapat dalam film The Hunger Games yang berkaitan dengan kapitalisme yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi yang merupakan kode-kode televisi John Fiske.Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik John Fiske. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, studi dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Objek yang dianalisis merupakan sequence yang terdapat dalam film The Hunger Games dengan membagi kedalam tiga sequence yaitu sequence Prolog, Ideological Content, dan Epilog yang merepresentasikan 3 level yaitu level realitas, level representasi, dan ideologi.Hasil pembahasan dari level realitas, representasi dan ideologi dalam film The Hunger Games ini adalah kaum buruh yang dieksploitasi oleh kaum borjuis, dimana kebebasan mereka dibatasi oleh aturan-aturan yang dibuat oleh negara untuk kepentingan pribadi yaitu penguasa. Kaum borjuis atau penduduk Capitol hidup sejahtera dan bebas dari penindasan dan ancaman kelaparan.Simpulan penelitian ini menggambarkan negara dengan ideologi kapitalisme yang tergambarkan adanya perbedaan kelas oleh Capitol yang ingin seluruh distrik mengikuti peraturan yang dibuat dengan maksud untuk memiliki kekuasaan sepenuhnya. Kapitalisme sangat mempengaruhi perilaku individualisme menjadi hal yang tak terelakan. Manusia menjadi lebih peduli terhadap kepentingannya sendiri, bahkan mengorbankan kepentingan orang lain. Peneliti memberikan saran bagi akademis bahwa analisis semiotika merupakan analisis yang tepat untuk mendalami makna sebuah film, dan saran bagi audiens sebaiknya lebih bijak dalam memilih film yang berkualitas untuk ditonton.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kode-kode televisi, The Hunger Games
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27147

Actions (login required)

View Item View Item