Konsep diri pembalap motor wanita di Kota Bandung : (studi deskriptif konsep diri pembalap motor wanita di Kota Bandung dalam menjalin interaksi dengan lingkungannya)

Wibowo Suwandono, Rija (2014) Konsep diri pembalap motor wanita di Kota Bandung : (studi deskriptif konsep diri pembalap motor wanita di Kota Bandung dalam menjalin interaksi dengan lingkungannya).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Konsep Diri Pembalap Motor Wanita dalam Menjalin Interaksi Dengan Lingkungannya. Penelitian ini dirancang untuk menjawab permasalahan di atas, maka penelitian ini mempunyai sub fokus sebagai berikut: Pandangan, Perasaan, dan Konsep diri yang digunakan dalam menelaah kajian penelitian. Sub fokus digunakan untuk mengukur fokus dari penelitian ini yang berjudul Konsep Diri Pembalap Motor Wanita Di Kota Bandung dalam Menjalin Interaksi Dengan Lingkungannya.Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan studi deskriptif, dengan Pembalap Motor Wanita di Kota Bandung sebagai subyek utama. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, jumlah informan dari penelitian ini adalah 2 (dua) orang Pembalap Wanita dan 2 (dua) orang Informan Kunci, yaitu Psikolog dan Pembalap Motor Pria. Data penelitian diperoleh melalui pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, buku, skripsi penelitian terdahulu dan pencarian online. Untuk menguji keabsahan data digunakan perpanjang pengamatan, triangulasi sumber, teknik, waktu dan membercheck. Teknik analisis data melalui reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan evaluasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pandangan pembalap motor wanita terhadap dirinya dipengaruhi oleh penilaiannya terhadap lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan (profesi) dan lingkungan pendidikan. 2. Perasaan pembalap motor wanita timbul atas kesepakatan dan pertentangan dalam diri yang berawal dari cara pandang terhadap lingkungannya. 3. Konsep diri pembalap wanita dibentuk oleh lingkungan yang sesuai dengan keinginan dalam diri melalui pemaknaan pengalamannya.Sebagai kesimpulan, konsep diri pada pembalap motor wanita, dibentuk melalui pandangan yang dilihat berdasarkan pengalaman pembalap motor wanita melalui lingkungannya seperti keluarga, pertemanan dan pendidikan. Lingkungan itu ditafsirkan dan disempurnakan tafsirannya selama proses interaksi berlangsung. Sehingga konsep diri sebagai pembalap wanita terbentuk. Sebagai saran, masyarakat agar menyikapi secara positif mengenai Pembalap Motor Wanita ini. Untuk Pembalap Motor Wanita diharapkan tetap fokus pada aktivitas yang dijalaninya, sesuai dengan cita-cita, sehingga dapat terus termotivasi dalam diri. Untuk peneliti selanjutnya, menambah wawasan dari berbagai referensi yang terkait dengan penelitiannya, serta mempersiapkan permasalahan penelitian sebelumnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembalap Motor Wanita, Konsep Diri
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27149

Actions (login required)

View Item View Item