Implementasi kebijakan pemutakhiran data kependudukan di Kota Bandung Tahun 2007 :(satu studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung)

Yuliawati, Neneng (2014) Implementasi kebijakan pemutakhiran data kependudukan di Kota Bandung Tahun 2007 :(satu studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Implementasi kebijakan pemutakhiran data kependudukan di Kota Bandung tahun 2007 ditemukan permasalahan komitmen dan kesadaran aparat yang belum merata mengenai togas yang diberikan, demikian juga dengan petugas yang belum menguasai keterampilan di bidang teknologi informasi. Selain itu banyak tenaga, yang potensial di lapangan yang belum dimanfaatkan dalam proses pendaftaran dan pencatatan. Data yang ada di Kecamatan belum mengalami pembersihan data penduduk yang sudah meninggal dan pindah ke daerah lain tetapi datanya belum dihapus.Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan dari Van Metter dan Van Horn yang dikutip oleh Leo Agostino dalam bukunya yang bejudul Dasar-Dasar Kebijakan. Faktor-faktor tersebut adalah Ukuran dan Tujuan Kebijakan, Sumberdaya, Karakteristik Agen Pelaksana, Sikap Para Pelaksana, Komunikasi Antarorganisasi dan Aktivitas Pelaksana dan Lingkungan eksternal yang dapat mempengaruhi implementasi kebijakan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, studi lapangan yaitu observasi non partisipatif dan wawancara. Sumber informasi yang penulis dapatkan berasal dari wawancara secara langsung kepada narasumber yaitu Aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung.Adapun teknik penentuan informan menggunakan purvosive.Hasil penelitian dilapangan menunjukan Implementasi Kebijakan Pemutakhiran data Kependudukan di Kota Bandung tahun 2007 dapat dikatakan cukup maksimal. Walaupun masih terdapat permasalahan-permasalahan. Kesimpulan dari basil penelitian adalah masih terdapat kendala-kendala yang mempengaruhi pelaksanaannya, yaitu kurangnya sumberdaya ahli dalam mengoperasionalkan komputer. Waktu yang relatif singkat, tetapi para pelaksana berusaha memanfaatkan waktu, dan dana yang yang tidak mencukupi tetapi para pelaksana berusaha untuk menghemat pengeluaran.Saran yang dikemukakan adalah untuk para pelaksana atau Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung diharapkan agar dapat melaksanakan apa yang telah dihasilkan dalam pelaksanaan implementasi kebijakan pemutakhiran data kependudukan di Kota Bandung tahun 2007 dan menyeleksi tenaga ahli yang handal serta memberikan bimbingan untuk para pegawai lainnya agar dapat lebih handal dalam mengoperasionalkan sistem komputer yang berbasis jaringan kependudukan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sensus penduduk
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27152

Actions (login required)

View Item View Item