Sistem Informasi Pengolahan Data Sebaran Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) Padi berbasis web pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat

Novi Asrika, Dwikeu and Tjahyati, Tita and Mariani, Leni (2014) Sistem Informasi Pengolahan Data Sebaran Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) Padi berbasis web pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kegiatan pengolahan data sebaran serangan Organisme Pengganggu Tanaman Padi belum menggunakan suatu sistem secara efisisen.untuk mengolah data sebaran OPT Padi. Dengan adanya Sistem Informasi Pengolahan Data Sebaran OPT, pengolahan data sudah lebih efisien. Petugas di lapangan harus membuat laporan secara manual lalu kembali lagi ke kantor untuk menyerahkan data sebaran OPT Padi yang telah di data sebelumnya. Cara itu dinilai kurang efektif karena akan memakan waktu dan tenaga. Dengan adanya Sistem Informasi Pengolahan Data Sebaran OPT, petugas telah dimudahkan untuk membuat laporan secara terpusat dan terkomputerisasi. Pencarian data masih terbilang cukup lama karena file datanya masih terpisah-pisah. Dengan adanya Sistem Informasi Pengolahan Data Sebaran OPT, petugas dapat dengan mudah untuk proses pencarian data. Masih sulitnya mendapatkan informasi data ketika ada seorang petugas yang membutuhkan data OPT Padi baik data lama atau data terbaru karena untuk mendapatkannya seorang petugas di Dinas Pertanian Tanaman Pangan harus menuju kantor Balai Bappeda dahulu yang letaknya cukup jauh dari kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan. Dengan adanya Sistem Informasi Pengolahan Data Sebaran OPT, memudahkan petugas memperoleh informasi-informasi yang dibutuhkan. Dengan dirancangnya sistem informasi ini mampu mempermudah dan membantu pengolahan data sebaran OPT di Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan di provinsi Jawa Barat dan mampu memberikan efektifitas dan efisiensi dalam penyimpanan dan pengolahan data sebaran OPT sehingga tidak lagi terjadi penumpukan arsip dan susahnya mendapatkan informasi mengenai data sebaran OPT.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Pengolahan Data
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Teknik > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:08
Last Modified: 16 Nov 2016 08:08
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27464

Actions (login required)

View Item View Item