Laporan Praktek Kerja Lapangan Unit Pelayanan II PT. BNI Tbk Cabang PTB Bandung

Rukmana, Dadang (2014) Laporan Praktek Kerja Lapangan Unit Pelayanan II PT. BNI Tbk Cabang PTB Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Bank Negara Indonesia pada umumnya adalah Lembaga perbankan yang melakukan kegiatan yaitu menghimpun dana dari masyarakat yang kelebihan dana dalam bentuk jaminan dan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan dana dalam bentuk kredit. Hal ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 10 tahun 1998 tentang perubahan Undang-undang Nomor 7 tahun 1992 Bank sebagai badan usaha yang fungsi utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk jaminan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Bidang keilmuwan yang penulis ambil sebagai seorang public relations, ternyata jika dilakukan dalam bidang kerjaan seperti di tempat PKL yang dilakukan penulis di PT. Bank Negara Indonesia. Tbk Cabang Perguruan Tinggi Bandung (PTB) terbagi menjadi luas yang dinamakan sebuah bidang cutomer service. Dimana customer service merupakan salah satu pekerjaan yang akan ditemukan oleh seorang public relations jika nantinya ditempatkan dalam bidang tersebut. Pada saat pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) penulis diberikan kesempatan untuk mengerjakan semua pekerjaan yang dilakukan oleh para pegawa customer service, mulai dari melayani nasabah dalam pembuatan Surat Keterangan Bank (SKB), melayani nasabah dalam pembuatan cek biyet giro, melayani nasabah dalam kredit BNI Life dan menginput data-data nasabah ke dalam computer. Bank BNI merupakan salah satu perusahaan terbesar yang bergerak dibidang perbankan yang sampai saat ini terus berkembang. Untuk membangun brand image yang positif kepada masyarakat, maka BNI mengambil langkah salah satunya melalui promosi produk yang telah dihasilkan dengan strategi public relations. Salah satu peran public relations pada BNI adalah sebagai Customer Service. Customer Service merupakan suatu bagian dari unit organisasi yang berada di front office yang berfungsi sebagai sumber informasi dan perantara bagi bank dan nasabahyang ingin mendapatkan jasa-jasa pelayanan maupun produk produk bank. Sesuai dengan fungsinya, Customer Service diharapkan dapat melakukan ��One Stop Service��, artinya nasabah cukup menghubungi bagian Customer Service saja dalam berhubungan dengan Bank. Selanjutnya Customer Service akan menjelaskan ataupun mengerjakan kebutuhan nasabah tersebut dengan menghubungi bagian yang terkait. Penulis mendapatkan begitu banyak bantuan, bimbingan serta arahan yang membuat penulis bisa bekerja dengan baik dan mendapatkan pengalaman baru dibidang customer service dengan berbagai bentuk kerja dan metodenya. Apabila penulis mendapatkan hambatan dalam pekerjaan, penulis langsung mendapatkan arahan yang pada akhirnya membuat penulis bisa bekerja dengan baik dan profesional. Selain itu berbagai pengalaman membuat penulis menjadi termotivasi untuk bekerja dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PT. BNI Tbk
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:08
Last Modified: 16 Nov 2016 08:08
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27631

Actions (login required)

View Item View Item