Tinjauan atas Efektivitas Pelayanan Account Representative (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang)

Twi Utami K, Anggita (2014) Tinjauan atas Efektivitas Pelayanan Account Representative (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Efektivitas Pelayanan Account Representative di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang melayani para Wajib Pajak untuk membimbing apabila ada hal yang tidak dimengerti atau yang harus dipertanyakan. Account Representative (AR) yang juga disebut staff pendukung pelaksana dalam tiap Kantor Pelayanan Pajak Modern, bertanggung jawab dan berwenang untuk memberikan pelayanan secara langsung, menyampaikan informasi perpajakan secara efektif dan professional, memberikan respon yang efektif atas pertanyaan dan permasalahan yang disampaikan Wajib Pajak, edukasi, asistensi serta mendorong dan mengawasi pemenuhan hak dan kewajiban Wajib Pajak. Tugas Account Representative (AR) di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang ,melaksanakan pengawasan kepatuhan formal Wajib Pajak, melakukan bimbingan/himbauan mengenai ketentuan perpajakan kepada Wajib Pajak. Dalam melaksanakan kesehariannya sebagai perwakilan dari wajib pajak, Account Representative (AR) memiliki tugas-tugas dan fungsi sebagai berikut : a.Sebagai pegawai penghubung (Liaison Officer) yang menjadi tanggung jawabnya untuk seluruh jenis pajak (PPh, PN, PPnBM dan PBB). b.Memahami segala ruang lingkup usaha dan pekerjaan Wajib Pajak ynag menjadi tanggung jawabnya. c.Melakukan pengawasan terhadap seluruh kewajiban perpajakan Wajib Pajak yang menjadi tanggung jawabnya. d.Membangun hubungan yang sehat, jujur dan transparan dengan Wajib Pajak yang menjadi tanggung jawabnya sehingga tercipta kesadaran WP dalam memenuhi hak dan kewajibannya di bidang perpajakan (Voluntary Compliance). e.Berkewajiban memberikan data dan informasi mengenai Wajib Pajak yang menjadi tanggung jawabnya kepada seksi terkait untuk tujuan peningkatan kepatuhan maupun penegakan hukum (dengan persetujuan tertulis Kepala kantor). f.Berkewajiban untuk memutakhirkan (update) data dan informasi yang berkaitan dengan Wajib Pajak yang menjadi tanggung jawabnya. Tanggung Jawab Account Representative (AR) di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang melakukan pengawasan terhadap kewajiban dan pemenuhan terhadap kewajiban perpajakan wajib pajak, melakukan monitoring terhadap data profil wajib pajak, melakukan usulan perubahan terhadap data profil wajib pajak, dan memberikan jawaban atas setiap pertanyaan yang diajukan Wajib Pajak. Dalam memberikan pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak Sumedang, para Account Representative (AR) memiliki fasilitas-fasilitas untuk dapat mendukung pelayanannya, namun masih terdapat beberapa kendala dalam fasilitas fisik ruangan yang kurang memadai bagi pemeberian pelayanan yang bersifat pribadi antara Account Representative (AR) dengan Wajib Pajaknya. Pentingnya memiliki sarana yang memadai bagi WP akan meberikan kesan yang baik dan kepuasan terhadap Wajib Pajak. Selain hal diatas, kendala yang dihadapi yaitu kurangnya tenaga Account Representative (AR) sendiri dalam melayani WP, dimana setiap AR memiliki tanggung jawab WP yang kurang ideal, sehingga hal ini akan berakibat terhadap kurang optimalnya pelayanan yang diberikan kepada Wajib Pajak yang menjadi tanggung jawabnya. Penting bagi Dirjen Pajak untuk menambah jumlah Account Representative (AR) disesuaikan dengan pertambahan jumlah WP setiap tahunnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tinjauan atas Efektivias Pelayanan Account Representative
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:08
Last Modified: 16 Nov 2016 08:08
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27691

Actions (login required)

View Item View Item