Tinjauan Hukum terhadap Pendirian Perseroan Terbatas secara Online melalui Situs web Sistem Administrasi Badan Hukum dihubungkan dengan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas

Samsul Hidayat, Wahyu (2014) Tinjauan Hukum terhadap Pendirian Perseroan Terbatas secara Online melalui Situs web Sistem Administrasi Badan Hukum dihubungkan dengan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Secara historis, istilah perusahaan berasal dari hukum dagang dan merupakan hukum perikatan yang timbul khusus dari lapangan perusahaan. Pemilihan jenis badan usaha ataupun badan yang akan dijadikan sebagai sarana usaha tergantung pada keperluan para pendirinya. Sarana usaha yang paling populer digunakan sebagai wadah dalam kegiatan perekonomian adalah perseroan terbatas (PT). Seiring dengan berkembangnya dunia usaha, maka tidak berlebihan bila berbagai pihak melihat dunia usaha perlu dikaji lebih komprehensif, baik dari sudut pandang praktis maupun teoritis. Dalam penelitian ini peneliti lebih memfokuskan pembahasan mengenai perseroan terbatas (yang selanjutnya disebut sebagai PT). PT adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-Undang serta peraturan pelaksanaannya termasuk dalam hal proses pendirian PT tersebut yang tidak terlepas dari peranan seorang Notaris. Mengenai peranan Notaris dalam dunia usaha salah satunya proses pendirian PT, yang dapat dilihat dari fungsi dan kewenangannya sebagai pejabat yang berwenang dalam pembuatan akta otentik. Berdasarkan UUPT, pendirian PT didirikan oleh dua orang atau lebih dengan akta notaris yang dibuat dalam bahasa Indonesia. Hal tersebut jelas sekali bahwa pendirian PT tidak akan lepas dari peranan seorang Notaris dimana notaris adalah seorang pejabat yang berwenang dalam pembuatan akta yang otentik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendirian Perseroan Terbatas secara Online
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Hukum > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Hukum
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:08
Last Modified: 16 Nov 2016 08:08
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27723

Actions (login required)

View Item View Item