Efektifitas Pembinaan Narapidana yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin dikaitkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan

Haryanto Nugroho, Ricky (2014) Efektifitas Pembinaan Narapidana yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin dikaitkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dititik beratkan pada Efektivitas Pembinaan Narapidana Yang Dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin Bandung Dikaitkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 31 tahun 1999 Tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyaraktan. Bertujuan untuk mengetahui hasil dan dampak dari hasil pelaksanaan efekitvitas pembinaan narapidana, faktor penghambat dan pendukungnya, serta strategi dan langkah pelaksananya. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif agar hasil pelaksanaan efektivitas pembinaan narapidana melalui bimbingan kegiatan kerja di Lembaga Pemasyaraktan Klas I Sukamiskin Bandung dapat dievaluasi. Data dihimpun dengan menggunakan teknik interview, participant observation, dan telaah organitational record sedangkan Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Participant observation dilakukan terhadap pelaksanaan kegiatan bimbingan kegiatan kerja, interview dilakukan terhadap informan yang dianggap memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam tentang program bimbingan kegiatan kerja. Sedangkan penelitian organitational record dilakukan pada dokumen yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Adapun strategi dan langkah yang dilakukan meliputi; memantapkan iman ( ketahanan mental mereka ) dan membina mereka agar mampu berintegrasi secara wajar, mengembangkan bentuk-bentuk kegiatan kerja, peningkatan sarana ruangan kegiatan kerja dan peralatannya, penataan kembali pola kerjasama dengan pihak swasta, Optimalisasi aset dan lahan-lahan produktif, menciptakan peluang pasar bagi produk barang dan jasa produksi narapidana, melakukan promosi tentang potensi-potensi yang dimiliki merupakan peluang bagi pihak swasta, mendorong peran serta dan dukungan masyarakat, baik lembaga swadaya masyarakat, organisasi profesi, pengusaha besar dan menengah agar tergerak untuk menjalin kerjasama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Pembinaan Narapidana
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Hukum > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Hukum
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:08
Last Modified: 16 Nov 2016 08:08
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27724

Actions (login required)

View Item View Item