Implementasi Kebijakan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bandung

Silvia S, Ekaputri (2014) Implementasi Kebijakan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Implementasi Kebijakan UU. Nomor 2 Tahun 2004 Tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bandung. Sehingga peneliti mencoba untuk menganalisis dari Program kebijakan yang dilaksanakan, target grup (kelompok sasaran), unsur pelaksana, faktor lingkungan (ekonomi, sosial, politik). Tipe penelitian ini adalah kualitatif, Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sebagian besar data di dapat melalui observasi partisipan, wawancara, internet searching dan dokumentasi. Untuk objeknya adalah para pekerja serta pengusaha yang memiliki kasus perselisihan hubungan industrial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh antara indikator dan variabel antara satu dengan yang lainnya. Untuk program kebijakan sendiri di Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung belum berjalan dengan efektif, sementara dari segi target grup (kelompok sasaran) masih banyak pihak yang kurang memahami proses penyelesaian perselisihan hubungan industrial dengan mengacu pada UU tersebut. Unsur pelaksana dalam hal ini yakni pekerja serta pengusaha masih mengeluhkan mengenai proses pelaksanaan kebijakan UU. Nomor 2 tahun 2004. Dari fator lingkungan sangat mempengaruhi terhadap implementasi kebijakan tersebut. Hasil kesimpulan menunjukan bahwa implementasi kebijakan UU. Nomor 2 tahun 2004 di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bandung belum berjalan dengan efektif. Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya pemerintah mengubah isi kebijakan agar lebih memihak kepada pekerja/pengusaha.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2004
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:08
Last Modified: 16 Nov 2016 08:08
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27733

Actions (login required)

View Item View Item