Implementasi Kebijakan Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2011 di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung Timur

Efriani, Yusi (2014) Implementasi Kebijakan Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2011 di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung Timur.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penyusunan RAPBD dibuat oleh Pemerintah Daerah untuk menganggarkan kebutuhan daerah. Baik itu untuk pembangunan daerah untuk kepentingan masyakat, maupun fasilitas yang dibutuhkan sehari-hari oleh masyarakat seperti: pendidikan, kesehatan, jalan, dll. Pembahasan RAPBD dilaksanakan di DPRD Kabupaten Belitung Timur yang dibahas oleh Bupati dan anggota DPRD berserta aparat pemerintah yang berwenang menghadiri pembahasan RAPBD tersebut. Dalam pembahasan RAPBD sering terjadi ketidakefektifan, karena komunikasi tidak berjalan dengan baik dan masih banyak perbedaan pendapat dalam peyusunan RAPBD antara Pemerintah daerah dan anggota DPRD. Teori yang digunakan penelitian ini yaitu Implementasi Kebijakan dari Edward III. Menurutnya Implementasi Kebijakan merupakan cara sebuah kebijkan untuk mecapai tujuan yang diinginkan indikator yang dapat dilihat yaitu komumikasi, struktur birokrasi, sumber daya, disposisi. Sedangkan maksud dan tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui komunikasi, struktur birokrasi, sumber daya, disposisi dan bagaimana pelaksanaan penyusunan RAPBD di Kabupaten Belitung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan metode penelitian deskritif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan studi lapangan. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa latar belakang sumber daya aparatur masih kurang sumber keahlian dalam bidang peyusunan anggaran pendapatan belanja daerah. Aparatur harus memiliki keterampilan dan keahlian dalam peyusunan RAPBD. Dalam penyusunan RAPBD harus menjalin komunikasi yang baik antara pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Belitung Timur supaya mencapai keberhasilan peyusunan RAPBD kabupaten Belitung Timur.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penyusunan Anggaran APBD
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:08
Last Modified: 16 Nov 2016 08:08
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27746

Actions (login required)

View Item View Item