Tinjauan atas Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pengeluaran Kas pada Om Finance Service PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk

Wahyu F N, Yunita (2014) Tinjauan atas Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pengeluaran Kas pada Om Finance Service PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam Sistem Informasi Akuntansi Pengeluaran Kas pada OM Finance Service PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Bandung adalah SAP dan Finest, yang mana aplikasi ini sangat membantu mengoperasikan aktivitas pengeluaran kas. Bagian yang terkait dalam Sistem Informasi Akuntansi Pengeluaran Kas pada OM Finance Service PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk yaitu Off Verification, Off Verification & Tax, Off Financial Service ke-1, Off Financial Service ke-2, Off Financial Service, Operation Manager, Off Cash & Bank, ASman Cash & Bank, Off Cash Out Handling, Off Account Payable Management. Sedangkan dokumen pendukung yang digunakan yaitu surat tagihan, kuitansi, faktur komersial/invoice, faktur pajak, berita acara, dan daftar pertanggungan. Dokumen-dokumen tersebut sebelum diproses, harus diverifikasi terlebih dahulu untuk divalidasi keabsahannya. Siklus Sistem Informasi Akuntansi Pengeluaran Kas dimulai dengan masuknya dokumen dari user, kemudian akan diverifikasi, diproses hingga dikeluarkannya SPB (Surat Perintah Bayar) yang pada akhirnya masuk ke siklus perbendaharaan, siklus pelaporan keuangan, dan siklus perpajakan. Siklus ini dapat berjalan lancar dengan adanya pengendalian internal baik dari aplikasi maupun dari pihak-pihak yang bersangkutan. Hambatan-hambatan yang dihadapi dari penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pengeluaran Kas pada Om Finance Service PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. antara lain sebagai berikut : a.Adanya user/pengguna yang tidak konsisten, artinya tidak adanya kesesuaian antara anggaran yang telah di berikan oleh perusahaan dengan kegunaan dari anggaran tersebut. b.Adakalanya sistem aplikasi error dikarenakan kurang kuatnya server aplikasi. Cara mengatasi hambatan yang dihadapi dari penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pengeluaran Kas pada OM Finance Service PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Sebagai berikut : a.Untuk mengantisapi adanya user yang tidak konsisten maka perlu adanya pengawasan dan pemeriksaan terhadap anggaran-anggaran yang telah dikeluarkan. b.Untuk mengantisipasi sistem aplikasi error, maka perusahaan dapat meningkatkan jaringan pada servernya, dan dilakukan pengawasan intern dan perawatan untuk sistem tersebut. 

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akuntansi
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:08
Last Modified: 16 Nov 2016 08:08
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27749

Actions (login required)

View Item View Item