Laporan Pelaksanaan Job Training di Bagian Hubungan Masyarakat pada Biro Humas Protokoler dan Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Gan Abdul Ghani, Gan (2014) Laporan Pelaksanaan Job Training di Bagian Hubungan Masyarakat pada Biro Humas Protokoler dan Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang bertempat di Gedung Sate, JL. Diponegoro No. 22 Bandung. Pemprov berperan sebagai aparatur pemerintahan di provinsi Jawa Barat yang menaungi OPD, DPRD, BUMD dan lembaga lainnya. Di tingkat OPD terdiri dari Sekretariat Daerah, Asisten Pemerintahan, Hukum dan HAM, Biro Pemerintahan Umum, Biro Otonomi Daerah dan KerjasamaBiro Hukum dan HAM Setda Prov. Jawa Barat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Biro Administrasi Perekonomian, Biro Bina Produksi, Biro Administrasi Pembangunan, Asisten Kesejahteraan Rakyat, Biro Pelayanan Sosial Dasar, Biro Pengembangan Sosial, Asisten Administrasi, Biro Pengelolaan Barang Daerah, Biro Humas, Protokol dan Umum, Biro Organisasi, Biro Keuangan. Salah satunya ialah Biro Humas, Protokol dan Umum Sekretariat Daerah Bagian Humas Provinsi Jawa Barat yang berperan penuh dalam mendukung kebijakan dan program pemerintah melalui berbagai komunikasi dan informasi, sebagai sumber informasi, mengemas dan mengeluarkan informasi kepada masyarakat berupa penyampaian program dan kebijakan serta hasil pembangunan dan sebagai sarana komunikasi, menumbuhkan komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat dan sebaliknya. Humas Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat sudah menjalankan sebagai manajemen instansi bukan lagi sebagai fungsi dari instansi sehingga peranannya dalam membentuk persepsi positif terhadap perusahaan atau Corporate Image dapat terbentuk dengan baik. Dengan berbagai kegiatan seperti Press Release, konferensi pers dan lain sebagiannya. Bila dilihat dari pengertian humas yang memiliki segudang peranan dan dikaitkan sebagai Humas yang bergerak di pemerintahan peranan utamanya adalah menyampaikan informasi kepada masyarakat berupa penyampaian program dan kebijakan serta hasil pembangunan untuk menciptakan hubungan yang baik serta masyarakat dapat mengetahui kegiatan dan program yang dilaksanakan pemerintahan. Bila dilihat dari pengertian, fungsi, ciri dan peranannya, Humas Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat sudah melembaga atau State of Being dimana sudah menjalankan fungsi dan perananya sebagai Humas yang bergerak dibidang Pemerintahan. Kegiatan rutin pelayanan media internal dan eksternal dari humas Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat adalah kliping berita serta release dari kegiatan-kegiatan baik dari Pemerintahan Provinsi Jawa Barat maupun anjungan-anjungan daerah sebagai publik internal maupun ekternal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:08
Last Modified: 16 Nov 2016 08:08
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27818

Actions (login required)

View Item View Item