Laporan Praktek Kerja Lapangan pada Divisi Produksi di PT. Jawa Pos Media Televisi

Cindiana Mega Dwita, Bena (2014) Laporan Praktek Kerja Lapangan pada Divisi Produksi di PT. Jawa Pos Media Televisi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sebuah kegiatan produksi acara televisi di JTV Surabaya memerlukan kerjasama dan koordinasi yang melibatkan banyak pihak, mulai dari eksekutif produser, produser, assisten produser, tim kreatif, audioman dan cameraman yang ada dalam produksi acara. Untuk tataran decision making ada , floor director, program director, dan di bantu oleh tim kreatif dan produser. Kesemuanya tersebut harus bersinergi untuk menghasilkan suatu program acara hiburan yang layak tayang dan dapat disampaikan kepada pemirsa guna memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, terutama informasi yang bersifat lokal. Sebuah produksi acara memerlukan konsistensi dan profesionalitas dari seorang produser dalam menjalankan kegiatan produksi acaranya agar sesuai dengan konsep dan tujuan yang ingin dicapai. Untuk menciptakan kualitas tayangan acara hiburan, seorang produser harus mampu menyusun rundown acara agar pemirsa tidak jenuh dan berpindah chanell televisi. Suatu rundown disusun berdasarkan hirarki kebutuhan informasi masyarakat, dengan demikian seorang produser yang dibantu oleh assisten produser dan tim kreatif harus mengetahui kebutuhan hiburan untuk masyarakat, khusunya masyarakat lokal. Dengan itu semua penulis dapat menyimpulkan selama melaksanakan job training di studio dan lapangan sebagai bagian dari tim kreatif pada Divisi Produksi di program acara Stasiun Dangdut dan Super - J, penulis melihat bahwa tiap-tiap bagian itu memegang peranan yang penting dan saling berhubungan erat satu sama lain dalam suatu stasiun televisi. Karena tiap-tiap divisi mempunyai peranan dan tugas yang berbeda-beda dan mendukung antara satu dengan yang lain dalam menciptakan suatu karya, kreatifitas dan pekerjaan di bawah suatu stasiun televisi. Tanpa kerjasama yang terorganisir dari semua sistem yang ada, maka suatu stasiun televisi tidak dapat menciptakan suatu bentuk kreatifitas dan pekerjaan yang berkualitas, memiliki nilai jual tinggi, menghasilkan keuntungan bagi perusahaan dan yang terutama adalah mencapai kepuasan pemirsanya. Karena suatu perusahaan pertelevisian tidak akan dapat berjalan tanpa adanya konsumen.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PT. Jawa Pos Media Televisi
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:08
Last Modified: 16 Nov 2016 08:08
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27853

Actions (login required)

View Item View Item