Identifikasi Tingkat Pelayanan Angkutan Umum Antar Kota Dalam Provinsi (AKDp) (Studi Kasus: Pengerakan Dari Kota Solok Ke Kota Padang)

Budiman, Muhammad (2013) Identifikasi Tingkat Pelayanan Angkutan Umum Antar Kota Dalam Provinsi (AKDp) (Studi Kasus: Pengerakan Dari Kota Solok Ke Kota Padang).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kebutuhan akan sarana transportasi dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan akibat semakin banyaknya kegiatan-kegiatan yang membutuhkan jasa transportasi sehingga bertambah pula intensitas pergerakan antar kota. Contontohnya saja pergerakan masyarakat dari Kota Solok ke Kota Padang dengan menggunakan angkutan umum antar kota dalam provinsi (AKDP) sebagai angkutan pergerakan antar kota terus meningkat. Seiring dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Nomor. 10 Tahun 2012 tentang standar pelayanan minimal angkutan umum massal berbasis jalan. Maka dituntut tersedianya angkutan umum antar kota yang memenuhi standar pelayanan khususnya pergerakan dari Kota Solok ke Kota Padang. Angkutan umum AKDP harus memenuhi standar pelayanan minimal (SPM) yang terdiri dari aspek keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan dan keteraturan. Munculnya angkutan umum yang tidak terdaftar secara resmi dan melakukan pergerakan antar kota khususnya dari Solok-Padang, menimbulkan permasalahan akan keterlangsungannya angkutan umum resmi. Berkembangnya angkutan umum tidak resmi ini dikarenakan adanya permintaan dari masyarakat untuk menggunakan angkutan tersebut. Permintaan akan jasa angkutan umum tidak resmi ini semestinya dapat dilayani oleh angkutan umum resmi AKDP. Maka untuk itu akan diadakan penelitian, apakah armada angkutan umum AKDP pergerakan dari Solok-Padang sudah memenuhi standar pelayanan minimal. Angkutan bus umum AKDP Solok-Padang memiliki jenis kendaraan yakni bus berukuran kecil. Oleh karena itu, penelitian ini akan melihat bagaimana pelayanan yang diberikan oleh operator angkutan umum AKDP tersebut. Keberadaan angkutan umum sangat dibutuhkan, akan tetapi apabila tidak dikelola dengan baik dan benar merupakan masalah bagi kehidupan manusia. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelayanan dari angkutan umum AKDP Solok-Padang belum baik atau belum memenuhi pelayanan dari standar pelayanan minimal SPM. Dengan persentase pemenuhan pelayanan yang terlayani sebesar 51%, akan tetapi ada sekitar 49% masih belum terpenuhi. Variabel yang paling baik terpenuhi secara keseluruhan yakni Kenyamanan dengan persentase pemenuhan pelayanan sebesar 75%, Keteraturan dengan persentase pemenuhan pelayanan sebesar 70%, Kesetaraan dan keterjangkauan dengan persentase pemenuhan pelayanan sebesar 50%, Keamanan dengan persentase pemenuhan pelayanan sebesar 38%, dan Keselamatan dengan persentase pemenuhan pelayanan sebesar 36%. Untuk armada AKDP Solok-Padang yang paling baik yakni, PO. Danau Raya, PO. Jasa Malindo, PO. Trans Mitra dan PO. Dirgantara.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tingat pelayanan, angkutan umum, AKDP Solok-Padang
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2789

Actions (login required)

View Item View Item