Manajemen Sumber Daya Aparatur Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Bandung (Studi tentang Pembuatan Surat Keterangan Rencana Kota)

Laelatus Sadiyah, Pebriani (2014) Manajemen Sumber Daya Aparatur Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Bandung (Studi tentang Pembuatan Surat Keterangan Rencana Kota).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan dan pertumbuhan Kota Bandung memerlukan pengaturan tata ruang dan peruntukan lahan yang sesuai dengan kegiatan penataan kota yang sehat, rapi, aman, dan nyaman tidak terjadi tumpang tindih yang dapat menimbulkan ketidaktertiban dan kesemrawutan kota. Instansi Pemerintahan yang mengatur tentang rencana tata ruang di Kota Bandung adalah Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Bandung. Manajemen sumber daya aparatur di Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Bandung yang dimana diantaranya susunan organisasi pemerintah yang masih belum sepenuhnya mengacu kepada kebutuhan. Pembagian tugas antar instansi atau unit yang kurang jelas, menyebabkan munculnya aparatur yang kurang profesional, dan prosedur standar yang belum tersedia secara baku serta sistem pengawasan/pengendalian yang masih belum efektif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah fungsi manajemen yang dikemukakan oleh Dessler. Menurut Dessler untuk mengetahui Manajemen aparatur dapat diukur melalui empat fungsi meliputi perencanaan, pengorganisasian, penstafan dan pengendalian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan untuk aparatur menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sumber daya aparatur Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Bandung dalam pembuatan surat Keterangan Rencana Kota sudah berjalan dengan cukup baik. Hasil tersebut dapat dilihat dari perencanaan, pengorganisasian, penstafan dan pengendalian dari hasil manajemen sumber daya aparatur Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Bandung. Saran agar lebih baik lagi dengan melakukan pembinaan dan pengembangan aparatur serta pengamatan dan pemantauan dalam melakukan pembuatan surat Keterangan Rencana Kota.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aparatur, Kualitatif, Teknik Purposif Sampel
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:08
Last Modified: 16 Nov 2016 08:08
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27901

Actions (login required)

View Item View Item