Fungsi Pengawasan Dinas Pendidikan Kota Bandung dalam Mengawasi Ujian Nasional (UN) (Suatu Studi pada Ujian Nasional Tingkat SMA Tahun 2012)

Wiguna Priadi, Anjas (2014) Fungsi Pengawasan Dinas Pendidikan Kota Bandung dalam Mengawasi Ujian Nasional (UN) (Suatu Studi pada Ujian Nasional Tingkat SMA Tahun 2012).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kecurangan dari pihak pengawas ujian terjadi karena sudah ada kesepakatan dengan pihak sekolah untuk bekerja sama. Hal yang sering terjadi misalnya: membiarkan siswa bekerja sama dengan siswa yang lain dalam mengerjakan soal ujian walaupun dia mengetahui bahwa hal tersebut dilarang akan tetapi tetap membiarkan bahkan terkadang para pengawas pura-pura tidak mengetahui hal tersebut. Pengawas yang seharusnya mengawasi jalannya pelaksanaan ujian agar berjalan lancar dan jujur malah membiarkan kecurangan itu terjadi atau bahkan malah mendukung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah proses tindakan pengawasan yang dikemukakan oleh Oteng Sutisna. Menurut Oteng Sutisna untuk mengetahui proses pengawasan dapat diukur melalui empat langkah meliputi standar, pengukuran, membandingkan, dan memperbaiki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan untuk aparatur dan masyarakat menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi non partisipan, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fungsi Pengawasan Dinas Pendidikan Kota Bandung dalam Mengawasi Ujian Nasional (UN), Suatu Studi pada Ujian Nasional Tingkat SMA Tahun 2012. Dinas Pendidikan Kota Bandung dalam Mengawasi Ujian Nasional (UN) sudah berjalan dengan cukup baik. Hasil tersebut dapat dilihat dari standar, pengukuran, membandingkan, dan memperbaiki pengawasan dari hasil Pengawasan Dinas Pendidikan Kota Bandung dalam Mengawasi UN. Saran agar lebih baik lagi dengan melakukan perbaikan standar yang telah ada, memilih pengawas yang jujur, bertanggungjawab serta mampu melaksanakan amanat yang telah diberikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Kualitatif, Teknik Purposif Sampel
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:08
Last Modified: 16 Nov 2016 08:08
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27905

Actions (login required)

View Item View Item