Tinjauan atas Prosedur Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Platfond 1/20 Juta Tanpa Agunan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Karawang Unit Karawang Kulon

Nur Arifin, Reza (2014) Tinjauan atas Prosedur Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Platfond 1/20 Juta Tanpa Agunan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Karawang Unit Karawang Kulon.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Prosedur pemberian KUR dari plafond 1 s/d 20 juta pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Karawang Unit Karawang Kulon harus melalui beberapa tahap. Mulai dari tahap pendaftaran, tahap pemeriksaan dan usulan KUR, tahap putusan, tahap fiat bayar (persetujuan), tahap pembayaran/pencairan dan tahap penyelesaian. Selain itu bagi debitur yang mengajukan KUR tidak harus menyediakan agunan (jaminan. Dalam pemberian KUR terdapat beberapa bagian yang terlibat diantaranya AdminKUR, Teller, Mantri KUR(Analis Kredit) dan Kepala Unit (Ka. Unit) yang tugasnya adalah untuk mengurusi dan mengatur proses pemberian KUR mulai dari tahap pendaftaran sampai pencairan dana KUR. Namun masih ada masyarakat yang belum mengetahui prosedur ini seperti usaha yang dijalankan harus milik sendiri dan usaha yang dijalankan sudah satu tahun berjalan. Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pemberian KUR ( Kredit Usaha Rakyat) yaitu mempunyai usaha yang sudah berjalan 1 tahun, usaha milik sendiri, foto copy KTP, Kartu Keluarga, foto 4x6, Surat Keterangan Usaha (SKU) dari Kepala Desa. Kredit Usaha Rakyat ini tanpa agunan ini memudahkan para calon nasabah dalam pengajuan kredit khususnya KUR. Hanya saja setiap para calon nasabah datang untuk mengajukan KUR ini persyaratan yang dibawa belum lengkap karena kurangnya ketidaktahuan calon nasabah mengenai syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi sehingga harus bolak balik ke rumah, ini dapat memakan banyak waktu dan tidak efisien, oleh karena itu perlunya sosialisasi kembali oleh pihak bank kepada para calon nasabah mengenai persyaratan KUR.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prosedur Pemberian Kredit Usaha Rakyat
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:08
Last Modified: 16 Nov 2016 08:08
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28023

Actions (login required)

View Item View Item