Efektivitas Pembagian Dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di Desa Cibereum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung

Sholehudin Ramdhani, Rizal (2014) Efektivitas Pembagian Dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di Desa Cibereum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Program pembagian dana BLSM di Desa Cibeureum telah berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang penulis rencanakan meskipun terdapat beberapa faktor kendala dalam pelaksanaan program kuliah kerja Lapangan Berbasis Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKL-PPM) baik secara teknis maupun non teknis, namun semua itu dapat penulis lalui berkat batuan dari dari peserta kuliah kerja nyata lainnya dan juga pihak lain yang membantu. Dalam mengamati pembagian dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung sudah tepat jika mengacu pada SOP (Standart Oprational Procedure) yang dikeluarkan oleh pemerintah. Tetapi masih ada masyarakat atau Rumah Tangga Sasaran yang tidak layak menerima bantuan tersebut, terlihat masih ada masyarakat yang datang dengan memakai perhiasan seperti gelang, kalung, cincin dan itu mungkin terbuat dari emas. Kemudian PT Pos Indonesia yang ditunjuk pemerintah pusat sebagai penyalur dana bantuan tersebut telat datang ke lokasi pembagian sampai warga yang sudah hadir di Balai Desa Cibeureum harus menunggu lama. Dari hal itu dapat peneliti simpulkan bahwa pembagian dana BLSM di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung kurang efektif dalam pelaksanaannya. Meskipun proses pembagian dana tersebut berjalan lancar tanpa ada keributan. Kuliah Kerja Lapangan Berbasis Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat yang dilaksanakan oleh pihak Universitas Komputer Indonesia program studi Ilmu Pemerintahan di Desa Cibeureum telah membuahkan satu hubungan kekeluargaan dan terjadinya tali silaturahim antar mahasiswa dan warga setempat. Dengan adanya kerjasama dari warga dan pemerintah desa membuat penulis lebih leluasa dalam mengamati proses pembagian dana BLSM di Desa Cibeureum. Program-program Kuliah Kerja Lapangan Berbasis Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat yang dilaksanakan merupakan suatu proses aplikasi ilmu yang dipelajari menjadi sangat berarti dan dapat sedikit membantu masyarakat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembagian Dana Bantuan Langsung
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28122

Actions (login required)

View Item View Item