Penerapan Algoritma Winnowing Dengan Konsep Jaccard Simularity Coefficient Untuk Memeriksa Hasil Ujian Online Bertipe Esai Pada Aplikasi Learning Management System

Ginanjar, Radi (2016) Penerapan Algoritma Winnowing Dengan Konsep Jaccard Simularity Coefficient Untuk Memeriksa Hasil Ujian Online Bertipe Esai Pada Aplikasi Learning Management System.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam dunia pendidikan soal jenis esai merupakan tipe soal yang sulit untuk diperiksa, sebab soal jenis ini memiliki jawaban yang terbatas serta berisi pemahaman siswa terhadap suatu permasalahan. Sehingga pada akhirnya ketika jenis soal ini diterapkan akan mengakibatkan beban kerja guru bertambah karena harus memeriksa jawaban siswa secara objektif, yang mengakibatkan pendistribusian nilai siswa menjadi terlambat. Akibatnya pada setiap ujian yang terdapat dalam Learning Management System (LMS) hanya mempergunakan soal jenis pilihan ganda saja. Algoritma winnowing merupakan salah satu algoritma yang prosesnya menggunakan dokumen fingerprinting. Algoritma winnowing sendiri merupakan algoritma paling cepat prosesnya diantara algoritma dokumen fingerprinting lainnya seperti algoritma Manber, dan algortima Karp Rabin, karena algortima winnowing hanya mengambil nilai k-gram terkecil sebagai fingerprint dokumennya. Sehingga besar kecil nilai fingerprint suatu dokumen akan berbanding lurus dengan besar kecil dokumen tersebut. Jaccard Similarity coeficient merupakan sebuah persamaan yang digunakan untuk menghitung irisan dari dua buah himpunan. Hasil dari implementasi algoritma winnowing dengan konsep jaccard similarity coeficient ini dapat bekerja sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan yaitu berhasil dalam menentukan tingkat kemiripan antara kunci jawaban guru dan hasil jawaban siswa dengan waktu yang cepat. Tetapi rata-rata tingkat akurasi hasil pencarian masih dibawah 50% hal ini terjadi karena setiap dokumen uji yang berupa kunci jawaban guru dan hasil jawaban siswa masih dipengaruhi oleh persamaan kata yang berbeda.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: esai, fingerprint, Jaccard Similarity Coeficient, LMS, winnowing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2816

Actions (login required)

View Item View Item