Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pasien Di Kliik Bakti Insan Medika Banjaranyar Ciamis

Saputra, Teguh (2016) Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pasien Di Kliik Bakti Insan Medika Banjaranyar Ciamis.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ada satu instansi kesehatan yang bernama Klinik Bakti Insan Medika yang masih menggunakan cara lama dalam pelayanan pasienya, seperti pada pendaftaran pasien para petugas menggunakan kertas formulir dan bolpoint dalam pencaatan pasien baru, sehingga para pasien harus mengantri sangat lama. Pada saat penyimpanan berkas pasiennya pun masih tidak terartur dan menaruh begitu saja, sehingga petugas susah untuk mencari data pasien bila ingin melihat arsip kesehatan pasien. Dan Sistem yang masih belum terkontrol dengan baik membuat laporan yang belum maksimal. Itu disebabkan karena belum adanya pemanfaatan teknologi atau aplikasi dalam proses pelayanannya. Untuk itu akan di bangun sistem informasi baru yang akan membantu dalam peroses pelayanan pasien dengan menggunakan program yang berbasis desktop.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode berorientasi objek sedangakan metode pengembangannya menggunakan metode pengembangan perangkat lunak prototype dengan alat bantu pemodelannya menggunakan Unified Modeling Language (UML) yang terdiri dari Use case Diagram, Activity diagram, Sequence Diagram, Class diagram, Object Diagram dan Deployment diagram. Dalam pembangunan sistem informasi pelayanan pasien ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Mysql sebagai database dan pengujian yang digunakan untuk menguji aplikasi yang sudah dibuat ialah menggunakan pengujian black box. Dengan dibangunya sistem informasi pelayanan pasien di Klinik Bakti Insan Medika diharapkan mampu menciptakan proses pendaftaran pasien baru menjadi lebih efektif dan proses pencarian setiap data yang dibutuhkan menjadi lebih cepat dan akurat, dapat membantu petugas dalam pembuatan laporan yang lebih efisien serta dapat membantu proses kontrol stok obat sehingga tidak akan lagi terjadi kehabisan stok obat sebelum melakukan pemesanan. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah menyempurnakan keterbatasan yang ada pada saat ini, sehingga permasalah yang ada bisa terselesaikan dengan baik dan pelayanan di Klinik tersebut menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, Pelayanan pasien, Klinik Bakti Insan Medika, black box.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2817

Actions (login required)

View Item View Item