Pengaruh Rasio Keuangan dengan Model Altman Z-Score dan Arus Kas Operasi terhadap Prediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Group Bakrie yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Driati, Minda (2014) Pengaruh Rasio Keuangan dengan Model Altman Z-Score dan Arus Kas Operasi terhadap Prediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Group Bakrie yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Group Bakrie yang terdaftar di BEI. Fenomena yang terjadi yaitu rendahnya perolehan nilai Z-score yang diperoleh dari hasil kali nisbah-nisbah keuangan yang diukur dengan variabel-variabel yang terdapat pada Z-score yang mengindikasikan bahwa perusahaan Bakrie berpotensi mengalami kondisi financial distress. Serta perolehan arus kas operasi pada penjualan yang masih rendah yang mengakibatkan perusahaan mengalami kondisi distress dan berpotensi besar mengarah pada kebangkrutan. Tujuan penelitian membuktikan apakah terdapat pengaruh 1) rasio keuangan dengan model Altman Z-score dan 2) pengaruh arus kas operasi terhadap prediksi kondisi financial distress perusahaan. Sumber data laporan keuangan atau data skunder, jenis penelitian deskriftif dan verifikatif analysis, metode penelitian explanatory survey. Unit analisis 10 perusahaan, dengan teknik purposive sampling diperoleh 5 perusahaan Group Bakrie. Dengan rancangan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) rasio keuangan dengan model Altman Z-score berpengaruh signifikan cukup dominan terhadap prediksi kondisi financial distress perusahaan sebesar 14.1% sisanya dipengaruhi faktor lain seperti kebijakan manajemen dan pengelolaan asset 2) arus kas operasi berpengaruh signifikan cukup dominan terhadap prediksi kondisi financial distress perusahaan sebesar 18.8%. sisanya dipengaruhi faktor lain seperti laba dan ketidakseimbangan modal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Laporan Keuangan, Model Altman Z-score, Arus Kas Operasi , Financial Distress
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28177

Actions (login required)

View Item View Item