Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Belanja Daerah (Survei pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Barat)

Afrianty, Fitria (2014) Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Belanja Daerah (Survei pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Barat). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Provinsi Jawa Barat yang memiliki potensi daerah yang besar termasuk sumberdaya manusianya, dengan demikian tuntutan peningkatan PAD semakin besar seiring dengan semakin banyaknya kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan kepada daerah . Hasil penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah merupakan sektor yang sangat besar untuk digali dan di perluas pengelolaannya. Hasil penerimaan pajak dan retribusi daerah diakui belum memadai dan memiliki peranan yang relatif kecil terhadap APBD khususnya bagi daerah kabupaten atau kota. Semua ini diakibatkan oleh penatausahaan dan pengelolaan pajak daerah dan retribusi daerah yang tidak tertib sehingga berpotensi tidak tertagih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak daerah dan retribusi daerah terhadap belanja daerah di Provinsi Jawa Barat tahun 2010-2012. Dalam pembiyaan pemerintah daerah dlam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan senantiasa memerlukan sumber penerimaan yang dapat diandalkan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif terdiri dari variabel bebas pajak daerah dan retribusi daerah, serta variabel terikat belanja daerah. Teknik penarikan sampel menggunakan rumus Yamane atau Slovin dengan jumlah 27 Kabupaten di Jawa Barat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai korelasi pajak daerah dan retribusi daerah terhadap belanja sebesar 0,653. Ini berarti terdapat hubungan yang kuat. Variabel belanja daerah dapat dijelaskan oleh variabel pajak daerah dan retribusi daerah sebesar 42,6% sedangkan sisanya 57,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Local Tax, Regional Retribution, Regional Expenditure
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28184

Actions (login required)

View Item View Item