Kredit Bermasalah Pembiayaan Murabahah dan Pembiayaan Mudharabah terhadap Profitabilitas dengan Menggunakan Pendekatan Return On Assets (ROA) Studi Kasus pada PT. Bank Syariah Mandiri

Maulana Yusuf, Septian (2014) Kredit Bermasalah Pembiayaan Murabahah dan Pembiayaan Mudharabah terhadap Profitabilitas dengan Menggunakan Pendekatan Return On Assets (ROA) Studi Kasus pada PT. Bank Syariah Mandiri. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Suatu pembiayaan yang telah disalurkan kepada nasabah berpotensi terjadi kredit bermasalah. Dengan adanya kredit bermasalah pada suatu bank tentu akan mempengaruhi kinerja suatu bank. Kredit bermasalah pada bank syariah dapat dilihat dari tingkat non performing finance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kredit bermasalah pembiayaan murabahah dan pembiayaan mudharabah terhadap Profitabilitas (return on assets) pada Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan metode verifikatif. Untuk mengolah dan menganalisis data yang dipeoleh serta membuat kesimpulan penelitian ini digunakan alat statistik. Pengujian statistik baik secara simultan maupun parsial dilakukan dengan tahapan sebagai berikut : pengujian uji asumsi klasik, analisis regresi linier, koefisien korelasi parsial, koefisien determinasi serta pengujian hipotesis. Data yang diperoleh melalui laporan keuangan tahunan dari periode tahun 2007 sampai dengan tahun 2013. Berdasarkan hasil pengolahan data secara parsial diperoleh bahwa, variabel kredit bermasalah pembiayaan murabahah memiliki hubungan yang negatif dengan profitabilitas dan memiliki hubungan yang sangat kuat dengan koefisien determinasi sebesar 89,11%. Untuk variabel kredit bermasalah pembiayaan mudharabah diperoleh bahwa, kredit bermasalah pembiayaan mudharabah memiliki hubungan yang negative dengan profitabilitas dan memiliki hubungan yang cukup kuat dengan koefisien determinasi sebesar 16,24%. Sedangkan untuk pengujian secara simultan diperoleh bahwa kredit bermasalah pembiayaan murabahah dan kredit bermasalah mudharabah berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan koefisien determinasi sebesar 89,6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kredit Bermasalah Pembiayaan Murabahah, Kredit Bermasalah Pembiayaan Mudharabah, Profitabilitas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28185

Actions (login required)

View Item View Item