Analisis Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan yang terdapat di Jakarta Islamic Index Periode 2011-2013)

Maria Mustafa, Maya (2014) Analisis Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan yang terdapat di Jakarta Islamic Index Periode 2011-2013). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sebagian besar perusahaan tidak menyadari bahwa nilai perusahaan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor keuangan saja tetapi juga faktor non keuangan. Lemahnya pengungkapan corporate social responsibility sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan menyebabkan banyaknya kasus akibat kelalaian operasional perusahaan yang berdampak menurunnya nilai perusahaan di mata investor. Selain itu penerapan good corporate governance mengindikasikan bahwa perusahaan bebas dari konflik agen sehingga investor akan menilai baik perusahaan terutama perusahaan yang berbasis syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengungkapan corporate social responsibility dan good corporate governance terhadap nilai perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian sebab akibat dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2011-2013 yang berjumlah 42 dan sampel penelitian sebanyak 14 perusahaan selama 3 tahun, sehingga total observasi sebanyak 42 laporan tahunan perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Aplikasi yang digunakan dalam pengujian ini adalah IBM SPSS Statistic 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan baik secara simultan maupun parsial. Kecuali proksi kepemilikan manajerial yang tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan agar tidak hanya memperhatikan faktor keuangan perusahaan saja tetapi juga faktor non keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Nilai Perusahaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28188

Actions (login required)

View Item View Item