Rasio Tingkat Kecukupan Modal, Kredit Bermasalah dan Bopo Terhadap Return On Aset (Studi Kasus pada Bank Muamalat Indonesia Periode 2008-2013)

Prilianti, Cicie (2014) Rasio Tingkat Kecukupan Modal, Kredit Bermasalah dan Bopo Terhadap Return On Aset (Studi Kasus pada Bank Muamalat Indonesia Periode 2008-2013).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu kasus yang sering terjadi di dunia perbankan adalah kredit bermasalah (NPL). Hal tersebut sering dijadikan sebagai tolak ukur suatu kinerja perusahaan. Selain itu, tingkat kecukupan modal (CAR) dan biaya serta pendapatan operasional (BOPO) perusahaan juga sering digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan. Kinerja suatu bank dibutuhkan sebagai informasi penting bagi para investor. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh tingkat kecukupan modal, kredit bermasalah dan BOPO terhadap Return on Asset (ROA) pada Bank Muamalat Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 19 sampel yaitu berupa laporan historis rasio-rasio keuangan serta laporan keuangan yang berupa laporan keuangan triwulan Periode Maret 2008 sampai dengan Maret 2013. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 19. Model ini adalah alat analisis statistik yang digunakan untuk menggambarkan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial dan simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kredit bermasalah (NPL) tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA). Variabel tingkat kecukupan modal (CAR) berpengaruh positif signifikan terhadap Return on Asset (ROA), sedangkan variabel BOPO berpengaruh negatif signifkan terhadap Return on Asset (ROA). Secara simultan tingkat kecukupan modal (CAR), kredit bermasalah (NPL) dan BOPO berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Return On Asset (ROA), Tingkat Kecukupan Modal (CAR), Kredit Bermasalah (NPL), BOPO (Biaya Operasional/Pendapatan Operasional.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28190

Actions (login required)

View Item View Item