Pengaruh Non Performing Finance (NPF), Capital Adequency Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM) terhadap Profitabilitas Perbankan (Studi Kasus pada Bank Muamalat Indonesia periode 2006-2013)

Martadireja, Ismaya (2014) Pengaruh Non Performing Finance (NPF), Capital Adequency Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM) terhadap Profitabilitas Perbankan (Studi Kasus pada Bank Muamalat Indonesia periode 2006-2013).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Populasi yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah bank Muamalat Indonesia periode tahun 2006-2013. Jumlah sample yang digunakan adalah 30 data raios Bank Muamalat Indonesia. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling dengan kriteria tertentu yaitu perusahaan perbankan yang tergolong dalam bank umum dan makmimal pada awal tahun 2006, serta bank yang telah mempublikasikan laporan keuangannya pada tahun 2006-2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan uji hipotesis yaitu uji t dan uji F. Sebelum menggunakan analisis regresi berganda, dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Dari hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa Non Performing finance (NPF), capital adequency ratio (CAR), dan Net Interest Margin (NIM) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas perbankan pada bank Muamalat dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) pada bank Muamalat menunjukkan bahwa variabel capital adequency ratio (CAR), dan Net Interest Margin (NIM) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perbankan. Sedangkan variabel Non Performing finance (NPF) tidak signifikan terhadap profitabilitas perbankan. Nilai adjusted R2 dalam model regresi bank Muamalat diperoleh sebesar 0,676. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel independen yaitu Non Performing finance (NPF), capital adequency ratio (CAR), dan Net Interest Margin (NIM) terhadap variabel dependent return on asset (ROA) sebesar 77,9% sedangkan sisanya sebesar 22,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Selain itu nilai R2 adalah 0,710. Jika nilai R2 semakin mendekati 1 maka variabel-variabel bebas (NPF, CAR dan NIM) semakin kuat pengaruhnya dalam menjelaskan variabel terikat return on asset (ROA).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Non Performing finance (NPF), capital adequency ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28197

Actions (login required)

View Item View Item