Pengaruh Pengetahuan Pajak, Self Assestment System dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survei di Kantor Pelayanan Pajak Pratama)

Nugraha, Dhian (2014) Pengaruh Pengetahuan Pajak, Self Assestment System dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survei di Kantor Pelayanan Pajak Pratama).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tingkat kepatuhan wajib pajak masih tergolong sangat rendah, wajib pajak yang belum melapor surat pemberitahuan dari enam puluh juta orang yang berpenghasilan diatas penghasilan tidak kena pajak (PTKP) yang melaporkan SPT pajak penghasilan hanya delapan koma delapan juta orang dengan rasio SPT sekitar empat belas koma tujuh persen menurut mentri keuangan Agus Martowardojo. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan pajak, Self Assessment System, dan sanksi pajak dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak baik secara simultan dan parsial. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Hair, dengan responden penelitian sebanyak 100 orang wajib pajak orang pribadi (WPOP). Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Data yang dihasilkan dianalisis menggunakan alat analisis SEM dengam pendekatan PLS, alat hitung menggunakan program SEM-PLS 2.0. Hasil dari penelitian ini pengetahuan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak berpengaruh sebesar 37,12%. Sedangkan pengaruh Self Assessment System terhadap kepatuhan wajib pajak adalah sebesar 13,87%. dan Sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak adalah sebesar 38,46%. Secara simultan pengaruh Pengetahuan pajak, Self Assessment System, dan Sanksi pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak orang pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Bandung Karees menunjukkan bahwa pengaruh Sanksi pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak lebih besar dibandingkan pengaruh Pengetahuan pajak dan Self Assessment System terhadap kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Pajak, Self Assessment System, Sanksi Pajak, dan Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28217

Actions (login required)

View Item View Item