Membangun Aplikasi Pembelajaran Dan Simulasi Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di SMP Plus Babussalam Bandung

Aprida Ma Rifah Sukirman, Nida (2016) Membangun Aplikasi Pembelajaran Dan Simulasi Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di SMP Plus Babussalam Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Plus Babussalam merupakan salah satu sekolah yang memiliki dua muatan kurikulum, yaitu kurikulum diknas dan kepesantrenan. Dalam pelajaran Fiqih guru dan murid menghadapi beberapa masalah yaitu guru sulit memberikan media pembelajaran yang lebih interaktif dan variatif saat mengajar. Masalah tersebut menyebabkan turunnya minat siswa dalam belajar. Hal lain yang menjadi masalah guru yaitu sulitnya memprediksi nilai siswa apakah telah memenuhi kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) karena adanya perbedaan tingkat pemahaman pada setiap siswa. Terbatasnya alokasi waktu untuk praktik menjadi kendala yang dihadapi siswa, karena siswa mudah lupa tahapan-tahapan yang dilakukan saat praktik. Selain itu siswa kesulitan melihat nilai hasil ulangan dengan cepat. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran berbantu komputer dengan model tutorial, drills and practice, dan game simulation yang dapat membantu dalam permasalah tersebut. Pembangunan Pembelajaran berbantuan Komputer ini harus melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan yang dipilih yaitu metode waterfall. Program diuji dengan menggunakan metode Black Box yaitu pengujian alpha untuk menguji fungsionalitas dari sistem, serta pengujian betha yaitu pengujian secara langsung kepada pengguna yang akan menggunakan aplikasi ini. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini sudah memenuhi kriteria media pembelajaran yang baik yaitu memberikan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran di kelas seperti biasanya dalam bentuk teknologi pembelajaran berbantu komputer, sehingga siswa dapat mengingat kembali minat belajar dalam mata pelajaran fiqih serta melatih berpikir dan bertindak terhadap penggunaan aplikasi pembelajaran berbantuan komputer ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Komputer, Fiqih.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2822

Actions (login required)

View Item View Item