Analisis Pengaruh Sistem Bagi Hasil dan Jangka Waktu Pencairan Dana Pada Pembiayaan Mudharabah Terhadap Minat Kreditur (Survey di BMT Al-Fath)

Valais Febiani, Yoana (2014) Analisis Pengaruh Sistem Bagi Hasil dan Jangka Waktu Pencairan Dana Pada Pembiayaan Mudharabah Terhadap Minat Kreditur (Survey di BMT Al-Fath). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Baitul Maal wat Tamwil (BMT) adalah lembaga keuangan non bank yang memberikan pelayanan dalam bentuk pembiayaan kegiatan ekonomi kepada masyarakat, yang bertujuan untuk mengembangkan usaha mikro. Layanan yang diberikan diantaranya menggunakan sistem bagi hasil. Bagi hasil merupakan bentuk return (perolehan kembaliannya) dari kontrak investasi, dari waktu ke waktu, tidak pasti dan tidak tetap. Besar kecilnya perolehan kembali itu bergantung pada hasil usaha yang benar-benar terjadi. Tetapi disisi lain, dari hasil survey menyatakan bahwa untuk membangkitkan minat masyarakat, khususnya sektor mikro untuk beralih ke produk-produk yang ditawarkan oleh BMT tidak cukup dengan sistem bagi hasil saja. Faktor jangka waktu pencairan dana pembiayaan juga merupakan salah satu faktor untuk memprediksi minat kreditur. Penelitian ini menjelaskan mengenai adakah pengaruh sistem bagi hasil dan jangka waktu pencairan dana pada pembiayaan mudharabah terhadap minat kreditur di BMT Al-Fath. Penelitian ini bertujuan menguji bagaimana sistem bagi hasil dan jangka waktu pencairan dana pada pembiayaan mudharabah terhadap minat kreditur di BMT Al-Fath. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji pengaruh stimultan, uji stimultan, uji parsial dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem bagi hasil dan jangka waktu pencairan dana pada pembiayaan mudharabah, secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat kreditur di BMT Al-Fath. Selain itu ditemukan juga kemungkinan variable lain yang dapat mempengaruhi minat nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Bagi Hasil, Jangka Waktu Pencairan Dana, Pembiayaan Mudharabah dan Minat Kreditur
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28225

Actions (login required)

View Item View Item