Pengaruh Efektivitas Pengendalian Intern Terhadap Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance dan Implikasinya Terhadap Kinerja Keuangan (Survei 5 Pada BUMN Bandung)

Ayu Lestari, Tiara (2014) Pengaruh Efektivitas Pengendalian Intern Terhadap Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance dan Implikasinya Terhadap Kinerja Keuangan (Survei 5 Pada BUMN Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

BUMN sebagai salah satu pilar dalam perekonomian Indonesia harus menjadi perhatian utama karena BUMN memegang peranan yang penting bagi perkembangan perekonomian nasional. Di semester pertama tahun 2013, sebagian BUMN memiliki kinerja keuangan yang kurang baik yang mengakibatkan laba perusahaan menurun, rugi dan tidak bisa memperbaiki performa. Salah satu faktor belum optimalnya kinerja keuangan BUMN adalah karena kurangnya perhatian terhadap penerapan prinsip-prinsip good corporate governance. Baik buruknya good corporate governance memiliki keterkaitan dengan pelaksanaan pengendalian intern pada BUMN tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung efektivitas pengendalian intern terhadap prinsip-prinsip good corporate governance serta implikasinya terhadap kinerja keuangan. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini yaitu 5 perusahaan BUMN di Bandung. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh atau sensus dengan total 32 sampel data. Objek sampel ini adalah Kepala Bagian/Manager bagian Keuangan dan bagian struktur pengendalian intern pada perusahaan. Data sekunder yang digunakan adalah laporan keuangan atau ikhtisar kinerja keuangan perusahaan. Dengan menggunakan teknik Path Analysis, hasil penelitian ini antara lain: efektivitas pengendalian intern berpengaruh positif terhadap prinsip-prinsip good corporate governance; prinsip-prinsip good corporate governance berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Intern, Good Corporate Governance, Kinerja Keuangan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28233

Actions (login required)

View Item View Item