Analisis Bauran Pemasaran Ritel dan Kualitas Pelayanan dampaknya terhadap Kepuasan Pelanggan di mini market GS25 Universitas Youngsan, Busan, Korea Selatan

Rose Ramadhan, Mutiara (2014) Analisis Bauran Pemasaran Ritel dan Kualitas Pelayanan dampaknya terhadap Kepuasan Pelanggan di mini market GS25 Universitas Youngsan, Busan, Korea Selatan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Meningkatnya persaingan bisnis Ritel mengakibatkan persaingan yang kuat sehingga perusahaan dituntuk untuk memaham kebutuhan dan keinginan konsumen sebagai fokus utama. Perusahaan dapat mengetahui cara memberikan pelayanan terbaik agar dapat menarik konsumen baru supaya merasa puas. Di Korea Selatan, minimarket sebagai salah satu bisnis ritel, yaitu minimarket GS25 masih memiliki beberapa permasalahan diantaranya ketidakpuasan pelanggan karena harga mahal, munculnya rasa terpaksa karna kebutuhan, acuhnya sikap pelayan, dan lambatnya pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak bauran pemasaran ritel dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di minimarket GS25 Universitas Youngsan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental random sampling dengan 100 pelanggan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dari Bauran Pemasaran Ritel dan Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan minimarket GS25 Universitas Youngsan baik secara simultan maupun secara parsial secara signifikan. Bauran pemasaran ritel diantaranya lokasi, barang dagangan, harga, promosi, pelayanan, dan suasana di minimarket sudah cukup memadai. Akan tetapi kualitas pelayanan diantaranya daya tanggap yang diberikan belum dilaksanakan dengan baik oleh karyawan dan harga yang ditawarkan minimarket GS25 Universitas Youngsan masih dinilai mahal. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan sebaiknya minimarket GS25 merubah harga yang ada sesuai dengan uang saku mahasiswa umumnya dengan tujuan agar pelanggan (mahasiswa) dapat membeli produk yang mereka butuhkan tanpa merasa terpaksa dan tidak puas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bauran pemasaran ritel, Kualitas Pelayanan, Kepuasan pelanggan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28238

Actions (login required)

View Item View Item