Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Material Wajib Pajak dan Implikasinya Terhadap Realisasi Penerimaan Pajak (Survei Pada KPP Kanwil DJP Jawa Barat I)

Lukman Ghozali, Indra (2014) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Material Wajib Pajak dan Implikasinya Terhadap Realisasi Penerimaan Pajak (Survei Pada KPP Kanwil DJP Jawa Barat I).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada 7 KPP di Kanwil Jabar I. Fenomena yang terjadi adalah adanya pengaduan terkait kekecewaan terhadap pelayanan pajak, masih rendahnya rasio kepatuhan pajak, serta realisasi penerimaan pajak yang belum mencapai target. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pajak, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepatuhan material, pengaruh kualitas pelayanan pajak dan kepatuhan material wajib pajak terhadap realisasi penerimaan pajak pada KPP di Kanwil Jabar I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 7 KPP. Responden dalam penelitian ini adalah wajib pajak pada 7 KPP, anggota sampel yang digunakan dalam metode penelitian ini adalah 150 sampel. Uji statistik yang digunakan adalah path analysis, perhitungan korelasi Pearson Product Moment, koefisien determinasi, uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS 22 for Windows sebagai alat bantu analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang dilakukan sudah baik dan variabel kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan material wajib pajak memiliki hubungan yang rendah dengan arah hubungan positif. Selain itu secara parsial maupun simultan variabel kualitas pelayanan pajak dan kepatuhan material wajib pajak berpengaruh terhadap realisasi penerimaan pajak memiliki hubungan yang kuat dengan arah hubungan positif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Pajak, Kepatuhan Material Wajib Pajak, Realisasi Penerimaan Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28265

Actions (login required)

View Item View Item