Pengaruh Penerapan Kebijakan Pajak dan Kepatuhan Material Wajib Pajak Terhadap Pertumbuhan Ekonomi (Survei Pada 5 Kantor Pelayanan Pajak di Kantor Wilayah DJP Jawa Barat I )

Hariman, Panca (2014) Pengaruh Penerapan Kebijakan Pajak dan Kepatuhan Material Wajib Pajak Terhadap Pertumbuhan Ekonomi (Survei Pada 5 Kantor Pelayanan Pajak di Kantor Wilayah DJP Jawa Barat I ). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penerapan kebijakan pajak dan kepatuhan material wajib pajak terhadap pertumbuhan ekonomi di lima Kantor Pelayanan Pajak di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif. Metode Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 17.0 digunakan dalam pengujian hipotesis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan pajak berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Begitupun dengan kepatuhan material wajib pajak berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Hal ini berarti apabila kebijakan pajak semakin baik dan kepatuhan material wajib pajak semakin meningkat, maka akan diikuti dengan peningkatan angka pertumbuhan ekonomi. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara bersama-sama, kebijakan pajak dan kepatuhan material wajib pajak memberikan pengaruh sebesar 64,3% terhadap pertumbuhan ekonomi di wilayah kerja lima Kantor Pelayanan Pajak di Kantor Wilayah DJP Jawa Barat I di Kota Bandung. Sedangkan sisanya 35,7% dipengaruhi oleh faktor lain seperti belanja pemerintah, penerimaan pajak, dan rasio pajak. Hal ini menunjukkan bahwa semua hipotesis pada penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Kepatuhan Material Wajib Pajak, Pertumbuhan Ekoonomi, Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28273

Actions (login required)

View Item View Item