Analisis Implementasi Sistem Informasi Smartcard Terhadap Kemudahan dan Minat Penduduk Menggunakan Transportasi Umum Di Kota Busan

Jafir Lazuardhi, Muhamad (2014) Analisis Implementasi Sistem Informasi Smartcard Terhadap Kemudahan dan Minat Penduduk Menggunakan Transportasi Umum Di Kota Busan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penduduk Korea Selatan sudah terbiasa menggunakan sarana transportasi umum untuk mencapai tujuan, hal ini terjadi karena pelayanan transportasi umum didukung oleh teknologi smartcard untuk memudahkan setiap kegiatan transaksi bertransportasi. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia diharapkan dapat mempertimbangkan teknologi smartcard untuk diterapkan pada pelayanan umum sebagai media peningkatan kesan agar tercipta rasa mudah dan nyaman. Tujuan penelitian ini yaitu ingin memperoleh data tentang faktor pendukung kemudahan menggunakan sistem smartcard untuk meningkatkan minat penduduk pada penggunaan transportasi umum. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dan verifikatif. Jumlah populasi penelitian ini merupakan pengguna transportasi umum di kota Busan yaitu sebanyak 1975 orang per hari, dengan sample 100 orang. Pemilihan sample menggunakan teknik purposive sampling yaitu metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data antara lain dengan observasi, pengisian kuisioner dan dokumentasi kegiatan menggunakan transportasi umum. Metode analisis menggunakan analisis jalur, dengan maksud untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antar variable, dengan bantuan menggunakan SPSS 21.0. Hasil penelitian sistem smartcard yang baru memberikan kemudahan serta penggunan yang tidak rumit dan menguntungkan dibandingkan sistem lama. Tujuan sistem smartcard yang baru yaitu menarik minat penduduk menggunakan transportasi umum. Tetapi, masih ada masalah pada sistem smartcard seperti tidak ada kontrol penggunaan smartcard sesuai kategori yang ditentukan, adanya pengulangan data akhir, dan tidak tersedia join database. Hasil analisis yang didapat yaitu sistem informasi smartcard terhadap kemudahan memiliki pengaruh berkategorikan sangat kuat. Begitu juga dengan kemudahan terhadap minat memiliki tingkat pengaruh kuat. Oleh karena itu, penyedia layanan smartcard diharapkan melakukan update software smartcard agar tidak terjadi kesalahan data yang merugikan maupun menguntungkan salah satu pihak dari pengguna smartcard atau penyedia layanan smartcard.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: smartcard, analisis jalur, join database, software, transportasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28285

Actions (login required)

View Item View Item