Evaluasi Kualitas Sistem Informasi Tugas Akhir dan Skripsi (Simita) dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan User

Rahayu, Asep (2014) Evaluasi Kualitas Sistem Informasi Tugas Akhir dan Skripsi (Simita) dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan User. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Program studi Sistem Informasi Unikom adalah salah satu program studi yang memanfaatkan teknologi informasi untuk menangani, memudahkan, dan menunjang pelaksanaan Tugas Akhir dan Skripsi bagi civitas akademika Universitas Komputer Indonesia khususnya Program Studi Manajemen Informatika dan Sistem Informasi melalui sebuah software berbasis web yang diberi nama Sistem Informasi Tugas Akhir dan Skripsi (Simita). Namun, dalam implementasinya terdapat kendala dan masalah yang timbul antara lain : (1) Belum maksimalnya pengelolaan fitur/fungsi, dan input serta output data, (2) Penggunaan Simita masih belum efektif dan maksimal karena masih dibarengi dengan proses manual, (3) Banyak kebutuhan fungsi-fungsi user yang belum tersedia, (4) Belum akuratnya data dan informasi yang diberikan Simita dalam beberapa kasus, (5) Masih terpisah-pisahnya data-data pada Simita dengan data pada sistem kebutuhan yang lain seperti data pada SI Keuangan, data pada SI Kemahasiswaan, dan data pada SI Akademik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui kualitas Sistem Informasi Tugas Akhir dan Skripsi yang sedang Berjalan di Program Studi Sistem Informasi, Universitas Komputer Indonesia, (2) Untuk mengetahui hubungan implementasi kualitas Sistem Informasi Tugas Akhir dan Skripsi terhadap kepuasan user, (3) Untuk mengetahui besarnya pengaruh implementasi kualitas Sistem Informasi Tugas Akhir dan Skripsi terhadap kepuasan user, dan (4) Untuk mengetahui tingkat maturity dari implementasi Sistem Informasi Tugas Akhir dan Skripsi. Pada penelitian ini, model yang digunakan untuk kualitas software berdasarkan model ISO 9126, yang terdiri dari 6 karakteristik. dari 6 karakteristik tersebut kemudian dipilih 2 karakteristik berdasarkan proritas dan nilai tertinggi dari penggunaan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Sehingga didapatkan karakteristik yang menjadi prioritas utamanya yaitu Maintanability (0,3579) dan Functionality (0,3549). Sedangkan kepuasan user sendiri menggunakan model End-user computing satisfaction (EUCS) Doll dan Torkzadeh. Setelah itu dicarilah peranan kualitas software Simita tersebut terhadap kepuasan user menggunakan analisis statistika. Didapatkan korelasinya sebesar 0,683 yang mengindikasikan bahwa 2 variabel tersebut memiliki korelasi/keeratan yang Cukup Kuat. Sedangkan nilai maturity yang didapat masing-masing sebesar 4 baik Maintanability maupun Funcionality.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Software, Simita, ISO 9126, AHP, Maturity
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28303

Actions (login required)

View Item View Item