Aplikasi Simulasi Tryout Ujian Nasional Tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas) Online Berbasis Android (Studi Kasus SMA Negeri 4 Cimahi)

Irawan, Indra (2014) Aplikasi Simulasi Tryout Ujian Nasional Tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas) Online Berbasis Android (Studi Kasus SMA Negeri 4 Cimahi). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ujian nasional di tingkat SMA (Sekolah Menengah atas) merupakan kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian kompetensi lulusan SMA (Sekolah Menengah atas) secara nasional pada mata pelajaran tertentu yang dilaksanakan tiap akhir tahun ajaran. Salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan hasil Ujian nasional maka pihak sekolah mengadakan Tryout atau uji coba agar bisa mengukur sejauh mana kemampuan peserta didik dalam mempersiapkan Ujian nasional. Namun dalam kenyataannya, ditemukan beberapa masalah dalam pelaksanaan Tryout ujian nasional di sekolah-sekolah, yaitu sistem Tryout yang selama ini dilaksanakan masih kurang efektif dan efisien. Misalnya, para siswa harus menunggu beberapa hari untuk mengetahui hasilnya karena sistem pengoreksian yang masih manual dan siswa tidak dapat mengetahui jawaban hasil Tryout untuk dapat di review kembali oleh siswa. Dalam penyusunan laporan skripsi ini metodologi pembuatan perangkat lunak yang digunakan ialah metodologi waterfall dengan langkah-langkah dimulai dari System/Information Engineering, Analysis, Design, Coding Testing, hingga Maintenance. alat bantu analisis perancangan sistem berupa use case diagram, Class diagram, Sequence diagram, collaboration diagram, Activity diagram, Component diagram dan Deployment diagram. Dengan menggunakan bahasa pemrograman java android dan PHP, dengan Eclipse Kepler (4.3.2) dan android SDK sebagai media pemrogramannya dan XAMPP sebagai web server dengn MySQL sebagai database. Oleh karena itu diperlukan suatu sarana yang dapat digunakan untuk membantu siswa melakukan Tryout mandiri. Untuk itu penulis mencoba membuat sebuah aplikasi berbasis Mobile Android yang dapat memungkinkan siswa melakukan tes mandiri secara online, sehingga siswa dapat melakukan analisa terhadap dirinya sesering mungkin karena bisa diakses kapan pun dan dimana pun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Android, Tryout, Ujian Nasional, Ilmu Pengetahuan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28314

Actions (login required)

View Item View Item