Sistem Informasi Penjualan Suku Cadang dan Pelayanan Jasa Servis Sepeda Motor Pada Bengkel Serbaguna Motor

Permana Nasution, Andri (2014) Sistem Informasi Penjualan Suku Cadang dan Pelayanan Jasa Servis Sepeda Motor Pada Bengkel Serbaguna Motor.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Serba Guna Motor bergerak pada bidang pelayanan jasa servis dan penjualan suku cadang. dalam transaksi pelayanan jasa servis, Serba Guna Motor masih menggunakan proses manual dalam setiap kegiatan pencatatan transaksi, data barang, pengontrolan stok suku cadang dan pencarian suku cadang. Selain itu untuk membuat laporan penjualan mengalami kesulitan karena pencarian data yang akan dijadikan laporan lama dicari. Untuk itu maka perlu dibangun sebuah sistem informasi yang bisa menangani permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem yang berjalan, membuat perancangan sistem,melakukan testing dan implementasi sistem informasi penjualan suku cadang dan pelayanan jasa servis. Tahapan kedua dari penelitian adalah testing terhadap perangkat lunak yang dibuat dengan metode pengujian Black Box.Metode penelitian yang dilakukan penulis adalah metode pengumpulan data,metode pengembangan sistem, metode pendekatan sistem. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Untuk metode pengembangan sistem penulis menggunakan metode prototype, sedangkan untuk alat bantu analisis menggunakan use case diagram, activity diagram,sequence diagram, collaboration diagram, class diagram, object diagram dan component diagram. Dalam pembuatan perangkat lunaknya menggunakan bahasa pemrograman java dan basis data menggunakan MySQL. Sistem Informasi penjualan dan pelayanan service ini dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mempermudah pemilik bengkel dalam mengolah data penjualan spare part, data pelayanan service, laporan data spare part serta pembuatan nota transaksi penjualan dan pelayanan service menjadi lebih mudah cepat dan efisien sehingga dapat membantu meningkatkan keuntungan bengkel dalam menjalankan usahanya. Serta akan membantu dalam membuat keputusan yang akan membangun sistem informasi sehingga akan membantu membuat keputusan untuk meningkatkan pelayanan di bengkel semi motor.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Pembelian, Penjualan, Suku Cadang, Pelayanan, Jasa Servis, Motor, Bengkel.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28326

Actions (login required)

View Item View Item