Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) Untuk Pengolahan Nilai Dalam Program Studi Sistem Informasi di Unikom

Fadhlulloh Al Fatih, Yahya (2014) Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) Untuk Pengolahan Nilai Dalam Program Studi Sistem Informasi di Unikom.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah sistem yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada Program Studi Sistem Informasi di Universitas Komputer Indonesia, khususnya pada bagian Sekertariat Prorgam Studi dalam mengolah pendataan nilai. Program ini sesuai dengan prosedur Pengolahan Nilai dari cetak Transkrip sampai dengan cetak KHS. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa permasalahan dalam aplikasi pengolahan Nilai pada Program Studi Sistem Informasi di Universitas Komputer Indonesia yaitu banyak proses dan menu yang tidak sejalan dengan prosedur pengolahan data nilai, selain itu terdapat celah keamanan yang memungkinkan pengguna selain Sekertariat Program Studi melakukan perubahan data, menu cetak KHS dan Transkrip yang tidak berfungsi dikarenakan aplikasi yang sedang berjalan tidak dikembangkan melalui uji aplikasi. Tujuan dibangunnya aplikasi sistem informasi akademik pada bagian pengolahan nilai sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja Program Studi semaksimal mungkin, sehingga program Studi Sistem informasi dapat berjalan dengan kinerja yang maksimal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview dan metode observasi, sehingga dengan kedua metode itu data��data yang digunakan bisa lebih akurat. Sementara metode pendekatan yang digunakan adalah metode dengan pendekatan objek, dimana metode objek ini dapat lebih mudah di pahami dengan alur proses yang jelas. Sedangkan metode pengembangan sistemnya menggunakan metode prototype dan perangkat lunak yang digunakan adalah apache, mysql, php, netbean, sublime, dan web browser Chrome. Penelitian ini akan menghasilkan sebuah aplikasi sistem informasi akademik dalam pengolahan nilai yang diharapkan dapat mempermudah pengolahan data nilai mahasiswa program studi Sistem informasi serta pembuatan laporan di Universitas Komputer Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Metode terstruktur, Aplikasi, Interview, Observasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28337

Actions (login required)

View Item View Item