Makna Maskulinitas Dalam Tayangan Iklan Padi Beras Nasional BHD (Bernas) Versi Hari Raya 2012 (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Maskulinitas Dalam Tayangan Iklan Padiberas Nasional BHD (Bernas) Versi Hari Raya 2012)

Firza, Mohamad (2014) Makna Maskulinitas Dalam Tayangan Iklan Padi Beras Nasional BHD (Bernas) Versi Hari Raya 2012 (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Maskulinitas Dalam Tayangan Iklan Padiberas Nasional BHD (Bernas) Versi Hari Raya 2012). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna maskulinitas pada beberapa tokoh dalam iklan yang berjudul Padiberas Nasional Bhd (Bernas) versi hari raya 2012. Dengan titik fokus penelitiannya kepada berbagai perilaku yang menunjukkan sifat maskulinitas. Hal tersebut, dapat ditinjau dari komunikasi verbal dan nonverbal pada suatu adegan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Selain itu, penulis pun memilih pendekatan semiotika Roland Barthes guna menemukan makna tersembunyi dibalik simbol-simbol yang terdapat dalam berbagai adegan. Dengan melakukan analisis secara denotatif, konotatif dan mitos. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis memperoleh suatu muatan makna yang berisi tentang maskulinitas pada beberapa tokoh dalam iklan tersebut. Terbukti, ada 6 scene yang menggambarkan beberapa tokoh tersebut memiliki sifat maskulin yang tanpa disadari dimiliki oleh anak-anak seperti Ahmad dan Fizi sehingga ia lebih dewasa dibanding umur nya. Kesimpulan yang didapat bahwa Iklan Padiberas Nasional Bhd (Bernas) versi hari raya 2012 ini memiliki makna maskulinitas didalamnya verbal maupun nonvernal. Terdapat dari beberapa tokoh dalam iklan serta dari sikap dan sifat Ahmad dan Fizi meskipun masih kanak-kanak tanpa disadari mereka mempunyai sikap-sifat maskulinitas yang tak tampak dari luar. Peneliti memberikan saran agar peneliti selanjutnya lebih memahami dan mengenal terlebih dahulu mengenai masalah yang akan diteliti dan memahami kajian analisis semiotika. Agar lebih menyempurnakan penelitian di bidang analisis semiotika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Iklan Padiberas Nasional Bhd (Bernas) versi hari raya 2012, maskulinitas, denotatif, konotatif, mitos/ideologi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28359

Actions (login required)

View Item View Item