Pengelolaan Kesan Vokalis Hardcore Band Jeruji ( Studi Dramaturgis Pengelolaan Kesan Vokalis Hardcore Band Jeruji di Kota Bandung dalam Menjalani Kehidupannya )

Wulansari, Dessy (2014) Pengelolaan Kesan Vokalis Hardcore Band Jeruji ( Studi Dramaturgis Pengelolaan Kesan Vokalis Hardcore Band Jeruji di Kota Bandung dalam Menjalani Kehidupannya ). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan menjelaskan, menguraikan, serta menganalisis Pengelolaan Kesan Vokalis Hardcore Band Jeruji. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui panggung depan, panggung belakang, dan panggung tengah. Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi dramaturgis yang melibatkan lima orang informan yaitu satu informan kunci dan empat informan pendukung. Informan dipilih dengan tekhnik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Untuk uji validitas menggunakan pengamatan terus-menerus dan triangulasi. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa vokalis hardcore Band Jeruji dapat memainkan peran di setiap panggungnya. Saat berada di panggung depan, mereka mengelola kesan positif bagi para penontonnya. Dia bersikap layaknya vokalis hardcore pada umumnya. Untuk panggung tengah dia mengkomunikasikan presentasi dirinya dengan kerabat penting, istri, dan sesama anggota band. Sedangkan di panggung belakang dia menjadi pribadi yang berbeda dengan yang ada di panggung depan, pengelolaan kesan yang dibentuk pun berbeda. Pengelolaan kesan yang dibentuk berupa simbol-simbol yang meliputi gaya berperilaku, gaya bicara, dan lain-lain. Kesimpulan Penelitian ini bahwa terdapat pengelolaan kesan pada setiap panggung yang diperankan oleh vokalis hardcore Band Jeruji. Pengelolaan kesan tersebut tidak luput dari simbol-simbol yang merupakan gaya berperilaku, gaya bicara, gaya berjalan, dan lain-lain. Saran yang dapat peneliti berikan adalah setiap kita harus menghargai karya musik apapun karena bagaimana pun juga hardcore merupakan jenis aliran musik Indonesia, dan kita tidak boleh memberikan stigma negatif tentang musik hardcore yang orang awam ungkapkan bahwa musik hardcore urakan, sering memicu keributan, bahasa dalam lagu mencerminkan kebrutalan anak bangsa. Untuk setiap individu yang berkecimbung dalam vokalis hardcore harus mampu menjaga kodisi saat diatas panggung agar tidak terjadi keributan dan menjaga pergaulan hidupnya agar tidak mudah terpengaruh pada pergaulan tidak baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dramaturgi, Pengelolaan Kesan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28363

Actions (login required)

View Item View Item