Konstruksi Makna Uang Jemputan Dalam Adat Pernikahan di Pariaman Bagi Mahasiswi Asal Pariaman di Kota Bandung (Studi Fenomenologi Mengenai Konstruksi Makna Uang Jemputan Dalam Adat Pernikahan di Pariaman Bagi Mahasiswi Asal Pariaman di Kota Bandung)

Rahmi Amanda, Gita (2014) Konstruksi Makna Uang Jemputan Dalam Adat Pernikahan di Pariaman Bagi Mahasiswi Asal Pariaman di Kota Bandung (Studi Fenomenologi Mengenai Konstruksi Makna Uang Jemputan Dalam Adat Pernikahan di Pariaman Bagi Mahasiswi Asal Pariaman di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengetahui Konstruksi Makna Uang Jemputan Dalam Adat Pernikahan di Pariaman Bagi Mahasiswi Asal Pariaman di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai adat yang dipahami oleh mahasisiwi asal pariaman di kota bandung, motif mahasiswi asal pariaman yang ada di bandung dalam memaknai uang jemputan, dan pengalaman mahasiswi asal pariaman yang ada di kota bandung mengenai tradisi uang jemputan dalam adat pernikahan di pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi fenomenologi. Data diperoleh melaui wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan internet searching. Adapun teknis analisi data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai yang di pahami oleh mahasiswi asal Pariaman mengenai uang jemputan dalam adat pernikahan di Pariaman merupakan nilai agama serta pengalaman yang dialami oleh mahasiswi asal Pariaman yang ada di kota Bandung mengenai uang jemputan berupa pengalaman baik dan buruk. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konstruksi makna uang jemputan dalam adat pernikahan di pariaman bagi mahasiswi asal pariaman di kota bandung adalah bentuk saling menghargai dari kedua belah pihak keluarga yang akan menjadi satu. Saran yang dapat peneliti berikan sebagai seorang mahasiswi ialah, hendaknya sebuah adat yang ada bisa lebih dipahami lagi oleh masyarakatnya dan jangan sampai sebuah adat menjadi penghalang seseorang untuk menikah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Uang Jemputan, AdatPernikahan, Fenomenologi, Konstruksi Makna
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28364

Actions (login required)

View Item View Item