Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Pernikahan Batak Karo (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Pernikahan Batak Karo di Kota Bandung)

Munthe, Karta (2014) Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Pernikahan Batak Karo (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Pernikahan Batak Karo di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Pernikahan Batak Karo. Untuk menjabarkannya, maka fokus masalah tersebut peneliti dibagi ke dalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu situasi komunikatif, peristiwa komunikatif dan tindakan komunikatif dalam Upacara adat Pernikahan Batak Karo. Tipe penelitian ini adalah kualitatif, metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan analisis etnografi komunikasi. Informan penelitian pada penelitian ini berjumlah 5 orang, dan 2 informan ketua adat, 2 informan penyelenggara pernikahan Batak Karo di Kota Bandung dan 1 informan tamu undagan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Teknik uji keabsahan data meliputi pengamatan, kecukupan referensi, pengecekan anggota dan triangulasi. Hasil penelitian pada situasi komunikatif Upacara Adat Pernikahan dilaksanakan di rumah, gereja dan gedung, dimana dalam proses tersebut terdapat tahapan yang harus dilakukan. Pada peristiwa komunikatif yaitu khusus untuk pernikahan, pembayaran hutang adat, menjaga kebudayaan, dihadiri dari berbagai kalangan dan suku, bahasa verbal Batak Karo, pembahasan mencakup apa saja, pakaian adat serba berwarna merah, pemimpin Upacara Adat Pernikahan mengetahui bagian penting dan tidak penting. Simpulan dari penelitian ini adalah aktivitas komunikasi dalam Upacara Adat Pernikahan Batak Karo diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang mereka, dimana dalam adat pernikahan ini selalu dijalankan pada masyarakat Batak Karo. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan tetap mempertahankan dalam menjalankan amanat apa yang diwariskan oleh nenek moyang khususnya pelaksanaan Upacara Adat Pernikahan tersebut, jangan sampai tergerus oleh perkembangan zaman, karena upacara adat pernikahan ini merupakan ciri khas dari budaya kearifan lokal setempat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Etnografi Komunikasi, Aktivitas Komunikasi, Upacara Adat Pernikahan Batak Karo di Kota Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28365

Actions (login required)

View Item View Item