Pesan-Pesan Verbal dan Nonverbal Keikhlasan dipoligami Dalam Film Kehormatan dibalik Kerudung (Analisis Semiotika Mengenai Pesan-Pesan Verbal dan Nonverbal Keikhlasan Wanita yang dipoligami Dalam Film Kehormatan dibalik Kerudung)

Anugrah Ramadhan, Agree (2014) Pesan-Pesan Verbal dan Nonverbal Keikhlasan dipoligami Dalam Film Kehormatan dibalik Kerudung (Analisis Semiotika Mengenai Pesan-Pesan Verbal dan Nonverbal Keikhlasan Wanita yang dipoligami Dalam Film Kehormatan dibalik Kerudung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pesan-pesan verbal dan nonverbal keikhlasan wanita yang dipoligami dalam film Kehormatan Dibalik Kerudung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes untuk mengetahui makna denotative, makna konotatif dan mitos/ideology yang tersembunyi dalam film tersebut. Objek yang diteliti adalah film Kehormatan Dibalik Kerudung dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh informan sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: tinjauan pustaka, penelusuran data online, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan mereduksi data, pengumpulan data, penyajian data, menarik kesimpulan dan evaluasi. Uji keabsahan data yang dilakukan adalah menggunakan Nahan Referensi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Film Kehormatan Dibalik Kerudung merupakan film keikhlasan dipoligami yang menjelaskan pesan-pesan dipoligami melalui lima adegan pesan verbal dan satu adegan pesan nonverbal dengan berbeda scene yang dianalisis peneliti. Hasil penelitian tersebut adalah sebagai berikut: A. Pesan-Pesan keikhlasan dipoligami verbal: Scene-1: keinginan dipoligami, Scene-2: Mengikhlaskan untuk dipoligami, Scene-3: Faktor lingkungan, Scene-4: Keadilan kunci utama dari poligami, Scene-5: Keikhlasan wanita. B. Pesan-pesan keikhlasan dipoligami nonverbal: Scene-6: Pengabdian seorang istri. Kesimpulan Film merupakan salah satu media komunikasi yang mengandung banyak tanda yang sarat akan makna, karena itu diperlukan metode semiotika dalam hal menganalisis film untuk dapat mengupas tanda-tanda. Pada penelitian ini, analisis semiotika dipahami sebagai suatu cara memahami film Kehormatan Dibalik Kerudung yang menggambarkan pesan-pesan keikhlasan dipoligami melalui tanda-tanda visual dan teks verbal dan nonverbal film. Saran dari peneliti untuk semua pihak yang berkaitan dengan penelitian yaitu bagi akademis dengan adanya kesinambungan pada penelitian dengan analisis semiotika, diharapkan mampu memberi masukan terhadap perkembangan perfilman Indonesia lalu bagi penonton untuk penggugahan kembali akan nilai-nilai ajaran Islam dalam masyarakat saat ini yang sudah mulai luntur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan Verbal dan Nonverbal, Denotasi, Konotasi, Mitos
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28367

Actions (login required)

View Item View Item