Perilaku Komunikasi Suku Tanimbar Maluku Tenggara Barat di Kota Bandung (Studi Fenomenologi Tentang Perilaku Komunikasi Suku Tanimbar Maluku Tenggara Barat Dalam Berinteraksi Dengan Masyarakat Sunda di Kota Bandung)

Ratsina Kulaleen, Frelly (2014) Perilaku Komunikasi Suku Tanimbar Maluku Tenggara Barat di Kota Bandung (Studi Fenomenologi Tentang Perilaku Komunikasi Suku Tanimbar Maluku Tenggara Barat Dalam Berinteraksi Dengan Masyarakat Sunda di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku komunikasi suku Tanimbar Maluku Tenggara Barat dalam berinteraksi dengan masyarakat sunda dikota Bandung, penelitian ini membahas perilaku komunikasi dilihat dari komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif, dengan metode Fenomenologi. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Teknik analisis data dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan evaluasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa komunikasi verbal suku Tanimbar sering menggunakan bahasa Sunda yang standar seperti teteh, aa, naon dan lain-lain, sebagai bahasa sehari-hari. Sedangkan komunikasi non verbal berupa bahasa isyarat dan gestur tubuh. Serta penampilan fisik berupa pakaian dan pengharum tubuh. Kesimpulan penelitian adalah perilaku komunikasi suku Tanimbar saat berinteraksi dengan masyarakat Sunda lebih dominan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Sunda yang standar sebagai bahasa sehari-hari. Saran ialah Memahami bahasa daerah lain bukanlah perkara mudah, namun dalam penelitian ini peneliti menyarankan agar masyarakat Tanimbar tidak hanya selalu berteman dan berinteraksi dengan masyarakat Tanimbar saja namun harus bisa membuka diri untuk menerima budaya baru agar bisa mendapat keanekaragaman bahasa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi, Perilaku Komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28369

Actions (login required)

View Item View Item